10 Ciri-Ciri Anak yang Cerdas Matematika Logis

Kecerdasan matematika logis merupakan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, mengolah alur pikiran yang panjang dan mencerna pola-pola logis atau numeris.


Jadi, anak-anak dengan kecerdasan matematika logis yang baik mempunyai kemampuan untuk melakukan penalaran dengan benar, dapat menggunakan angka-angka dan mencerna pola logis yang berhubungan dengan angka, serta dapat menolah alur pikiran yang panjang dengan baik.

Biasanya anak-anak dengan kecerdasan matematika logis akan mempunyai skor atau nilai yang bagus di sekolah, terutama pada mata pelajaran sains, IPA dan matematika.





Sudah seharusnya, kita sebagai orang tua mendukung kecerdasan ini dengan sering mengajak anak untuk membicarakan atau menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa yang biasa dijumpai sehari-hari.

Topik yang bisa dibicarakan misalnya adalah mengapa pada pagi hari daun-daun terasa basah padahal tidak ada hujan, dari mana tanaman bisa mendapatkan makanannya, dan sebagainya.

Selain itu, kita juga bisa mengajak anak untuk melakukan permainan-permainan logis, melakukan eksperimen kecil dan mengajarkan sistem berhitung.


Lalu apa ciri-ciri dari anak yang memiliki kecerdasan matematika logis ini. Tanda-tandanya apa pada anak.

Berikut ini 10 Ciri-Ciri Anak yang Cerdas Matematika Logis


1. Menyukai permainan strategi.

Salah satu kebiasaan yang menandakan mereka mempunyai kecerdasan matematika logis yang baik adalah menyukai permainan atau game strategi dimana anak akan membutuhkan strategi tertentu untuk memainkannya seperti game sudoku.

2. Sangat suka teka-teki.

Kalau mendapati anak duduk berjam-jam memecahkan teka-teki dalam suatu permainan, itu tandanya anak memiliki kecerdasan matematika logis yang baik.

3. Menyukai cerita-cerita detektif.

Si anak yang suka dengan film detektif sambil bertanya-tanya kepada orang tuanya siapa pelakunya sambil menebak-nebak atau bertanya tentang kelanjutannya.

4. Banyak bertanya tentang cara kerja suatu hal.

Buah hati yang peka akan segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya, itu tandanya anak memiliki kecerdasan matematika logis. Tak heran jika dari mulutnya keluar banyak pertanyaan.



5. Bisa berpikir kritis.

Berpikir kritis merupakan salah satu hal yang melekat pada anak dengan kecerdasan matematika logis tinggi. Ciri utama seseorang yang dapat berpikir kritis adalah memiliki banyak pertanyaan, analis,encari bukti-bukti serta untuk menyelesaikan masalah.

6. Sangat suka dengan game matematika.

Kecerdasan matematika logis memang tak dapat dipisahkan dengan matematika. Anak dengan kecerdasan matematika logis akan sangat mahir dalam pelajaran matematika. Tak begitu mengherankan kalau mereka sangat suka dengan game yang berhubungan dengan angka atau matematika.

7. Sangat suka dengan pelajaran matematika.

Pelajaran matematika bukanlah momok buat anak yang cerdas matematika logis, malah sebaliknya sangat suka dan menikmati. Terkadang mereka terlalu unggul di antara teman-temannya dalam bidang ini.

8. Sangat tertarik dengan komputer.

Buah hati yang cerdas matematika logis biasanya sangat suka game-game strategi, juga suka dengan berbagai macam program sulit misalnya adalah pascalemrograman.

9. Suka dengan pelajaran sains.

Tak jauh berbeda dengan matematika, sebagian anak mungkin beranggapan bahwa pelajaran sains merupakan pelajaran sulit dan tidak menyenangkan. Sebaliknya, anak yang memiliki kecerdasan matematika logis, sangat menyukainya.

10. Suka melakukan eksperimen.

Mereka cenderung mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini berdampak mereka akan suka melakukan eksperimen-eksperimen karena memiliki rasa penasaran.


Anak yang gemar melakukan percobaan sana sini memang baik. Namun meskipun demikian, kita juga berkewajiban mendampingi mereka ketika melakukan eksperimen-eksperimen dengan tujuan untuk menghindarkan anak dari sesuatu yang tidak diinginkan maupun kecelakaan yang terjadi.

Tentu saja pendampingan yang dimaksud bukan untuk menghalangi atau terlalu ikut campur. Sebaliknya, kita dapat memberikan penjelasan yang berkaitan dengan yang dikerjakannya. Misalnya saja kita bisa memberikan makna, sebab akibat dan sebagainya yang dilakukan anak.

Related Posts:

0 Response to "10 Ciri-Ciri Anak yang Cerdas Matematika Logis"

Posting Komentar

Label