4 Kemampuan Anak Cerdas Visual Spasial

Kecerdasan visual spasial adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami bangun tiga dimensi atau ruang secara tepat. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada unsur garis, warna, bentuk, ruang dan hubungannya dengan unsur-unsur tersebut.

Anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial tinggi biasanya mempunyai kemampuan untuk membayangkan dan menyampaikan idenya dalam bentuk gambar. Selain itu, mereka mempunyai kemampuan yang kuat untuk menciptakan imajinasi dalam pikirannya, terutama dalam menciptakan bentuk-bentuk tiga dimensi.


Kecerdasan visual spasial juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami, memproses, dan berpikir dalam bentuk visual.

Pada umumnya, anak dengan kecerdasan visual spasial tinggi akan bisa menerjemahkan bentuk-bentuk yang ada di pikirannya ke dalam bentuk gambar dua dimensi atau bahkan tiga dimensi.

Selain itu, mereka juga mempunyai pemahaman yang lebih baik tentang arah, tata letak, dan posisi jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya.


Anak-anak ini juga sangat antusias ketika melakukan aktivitas yang berhubungan dengan konsep visual spasial seperti menggambar, mewarnai, menyusun balok-balok, dan sebagainya.

Adapun beberapa kemampuan terkait kecerdasan visual spasial adalah sebagai berikut.

4 Kemampuan Anak Cerdas Visual Spasial


1. Kemampuan untuk mengenal bentuk-bentuk.

Seperti lingkaran, bola, balok, kubus, prisma, limas dan sebagainya.

2. Kemampuan untuk membuat bentuk atau rancangan suatu bentuk bangun.

3. Kemampuan untuk mengenal warna dengan baik.

4. Kepekaan terhadap garis yang tinggi.

Anak dengan kecerdasan visual sangat tinggi, akan bisa menyelesaikan masalah ruang (spasial) dengan lebih mudah dibandingkan dengan anak-anak lain.

Selain itu, anak juga akan mampu mengamati dunia spasial secara akurat, bahkan membayangkan bentuk-bentuk geometri dan tiga dimensi, serta kemampuan memvisualisasikan dengan grafik atau ide tata ruang (spasial)

Related Posts:

0 Response to "4 Kemampuan Anak Cerdas Visual Spasial"

Posting Komentar

Entri Populer

Label