Apa Tanda Dibalik Corat-Coret Balita?

Melihat balita sudah mulai bisa corat-coret pada awalnya membuat orang tua suka cita, namun jika coretan yang tidak beraturan sampai pada dinding dan lantai rumah tentunya membuat orang tua harus bersabar hati atas tingkahnya.Sesungguhnya di balik titik, garis dan lengkung yang dibuatnya, banyak manfaat yang bisa didapat dari aktivitas corat-coret bagi balita, diantaranya :




Bentuk Ekspresi emosi
Hal ini adalah cara balita menjajal sensori. Pada usia 1 tahun balita bisa merasakan berbagai sensasi dengan panca inderanya. Kemampuan itu mendorong balita bereksperimen, yaitu dengan cara menjajal berbagai permukaan materi untuk dicoret-coret. Merasakan sensasi berbagai media saat mencoret, memberi balita pemahaman sebab akibat, karena ia bisa mengamati hasil perbuatannya pada media yang berbeda. Sensasi yang dirasakan menyenangkan, mendorong balita makin ekspresif mencoret.

Bentuk Perkembangan Motorik 
Hal ini terutama latihan koordinasi tangan-mata. Ketika mencoret, balita berlatih mengendalikan gerak organ tubuh. Setiap gerakan alat tulis atau gambar yang digunakan, menuntut anak mengendalikan gerakan bahu, tungkai lengan, hingga jemari, yang menggenggam alat tulis itu. Selain itu, ketika mencoret balita belajar memadukan gerakan tangan dengan mata. 

Pengenalan Awal Menulis
Balita tidak serta merta bisa menulis dengan sempurna, perhatikan tahapan-tahapan dari coretan balita.

  • Tahapan awal mencoret yang dilakukan anak dimulai dari sebuah titik, kemudian garis lurus patah-patah, hingga menjadi kumpulan garis melengkung yang mirip benang kusut.  
  • Pada akhir usia 2 tahun anak akan bisa menggambar garis tunggal, meski belum lurus, 
  • Pada saat menggambar garis tunggal yang jelas ujung dan pangkalnya, membutuhkan kematangan intelektual. Selain itu, jika kita perhatikan, di antara coretan anak akan terlihat bentuk-bentuk mirip huruf.. Oleh karenanya aktivitas mencoret penting untuk didukung orang tua, sebab menyiapkan balita untuk belajar menulis kelak.

Related Posts:

0 Response to "Apa Tanda Dibalik Corat-Coret Balita?"

Posting Komentar

Label