Kenali Rahasia Keajaiban Balita

Menilik tingkah laku balita pastinya kita akan banyak merasa takjub akan tumbuh kembang balita. Dari yang bisa membuat kita tersenyum, tertawa terbahak-bahak hingga jengkel dibuatnya.


Apapun yang dilakukan balita itu adalah bagian dari pertumbuhan emosi dan fisik balita. Dalam masa-masa tersebut, selayaknya orang tua memahami kenapa balita berbuat begitu? Jawabanyya adalah balita belum mengenal isi dunia, sehingga balita sangat tertarik dengan hal-hal baru dan ingin mengetahui isi dunia yang baru dikenalnya.

Beberapa rahasia keajaiban balita adalah:

Suka Meniru

Melihat aktifitas orang atau lingkungan di sekitar, entah itu ayah, ibu, atau kakak, adalah panutan balita. Sebagai “fans berat”, ia akan meniru segala sesuatu yang dilakukan idolanya. Tidak heran jika sekarang para balita sudah pintar bermain game atau berselancar di smartphone. Kadangkala beraksi seolah-olah menerima telephone penting dengan berucap “hallo…hallo…” padahal tidak ada panggilan.

Dengan melihat acara televise, anak juga suka meniru menari, menyanyi atau beraksi seperti superhero.


Suka Main Pura-Pura

“Ciluk…Ba….”, permainan ini sangatlah disukai para bayi hingga balita. Permainan pura-pura hilang, pura-pura tidak melihat. Kadangkali suka bermain melihat pura-pura menangis maka balita akan tertawa terbahak-bahak.

Suka Bertanya Apapun yang dilihat atau terlintas dalam alam pikirnya, balita akan mengajukan pertanyaan terus tanpa kenal lelah, ciri khas balita dari belahan dunia mana pun. Mulai dari pertanyaan kritis dan membuat kita takjub. Dalam hal ini kadangkala orang tua kurang sabar dan menganggap cerewet atau banyak omong, ketahuilah bahwa balita yang banyak bertanya biasanya cerdas dan kritis bahkan ada rasa empati dengan lingkungan sekitarnya. Maka orang tua harus memberikan jawaban yang bisa diterima balita dengan memberikan pengertian sebaik-baiknya.

Suka kata-kata baru yang bersifat mengagetkan

Bruk! Dor! Gedebuk! Wuss! Coba ucapkan kata-kata itu di depan bayi. Pasti dia tersenyum. Kalau diucapkan di depan balita? Dia bisa tertawa terbahak-bahak sampai berguling-guling di lantai.

Suka Mengulang-Ulang

Coba saja bila kita mengenalkan permainan baru yang sebetulnya untuk mengalihkan perhatiannya saat menangis, jika balita tertarik, maka bisa berjam-jam kita diminta untuk mengulanginya. Balita bisa minta dibacakan buku cerita yang sama 350 kali tanpa bosan sedikit pun. Atau, menceritakan lelucon yang sama berulang kali sembari tertawa terbahak-bahak. Padahal, telinga Anda sudah merah lantaran mendengarnya berulang-ulang.

Banyak balita yang suka mendengarkan musik, video klip nyanyian yang sama berulang-ulang. Begitu suka, maka bisa seharian nyanyian itu akan diputar sepanjang waktu.


Suka Menjelajah

Semua benda di rumah menjadi obyek penjelajahan dan sasaran rasa ingin tahu balita. Bahkan barang-barang yang tanpak “takbermutu”, seperti kotak sabun, plastic bekas, dan botol air mineral, dianggapnya harta karun. Jangan heran balita bukan hanya sibuk menjelajahi dunia luar, balita juga asyik menjelajahi alam pikirannya sendiri. Inilah saatnya dia bermain dengan imajinasi. Jangan buang kardus bekas pembungkus barang elektronik, karena itu bisa menjadi bahan pembuat kapal perang atau kereta kencana.

Suka Melompat-lompat

Untuk menakar seberapa kemampuannya berjalan, berlari dan melompat, jangan heran bila balita menjadikan berbagai macam benda landasan melompat; kasur, lantai, paving-block di taman, hingga anak tangga!. Dengan inilah cara balita berolah raga dan menguatkan tulang-tulangnya serta mengasah kemampuan motoriknya.

Related Posts:

0 Response to "Kenali Rahasia Keajaiban Balita"

Posting Komentar

Label