10 Manfaat Olahraga Bagi Anak

Olahraga merupakan sesuatu yang sangat penting bagi semua orang, termasuk anak-anak kita. Secara khusus, anak dapat mengembangkan ketrampilan motorik kasar pada dirinya melalui olahraga secara tepat.

Gemar atau tidaknya anak dalam berolahraga dapat kita amati dengan muda. Berikut ini ciri-ciri yang tampak pada diri anak yaitu ketika usia sekolah, buah hati begitu bersemangat ketika mengikuti pelajaran olahraga, sangat senang bermain bola, bermain kasti dan berbagai permainan olahraga lainnya.


Selsin itu, mereka juga akan memperoleh nilai yang bagus dalampelajaran olahraga.

Sedangkan kalau pada usia balita, buah hati akan bisa mengamati sejauh mana kesenangan dan kemampuan mereka dalam berolahraga. Biasanya, anak yang suka berolahraga akan sering mengajak kita untuk melakukan beberapa aktivitas olahraga di luar rumah seperti lari, lompat, bermain bola dan sebagainya.

Selain itu, mereka juga telah menguasai banyak ketrampilan motorik seperti berlatih keseimbangan, memanjat, berguling maupun bergulat.

Kalau sudah tampak tanda-tanda di atas, sebaiknya orang tua mendukungnya karena manfaat olahraga sangatlah besar bagi anak.

Berikut 10 Manfaat Olahrga bagi Anak

1. Meningkatkan kesehatan pribadi.
2. Meningkatkan kecerdasan pribadi.
3. Meningkatkan sikap sportif.
4. Menjadi sarana sosialisasi dengan orang lain, misal anggota tim.
5. Membangun percaya diri.
6. Mengajarkan kerjasama.
7. Membantu menentukan target, misal target untuk menang.
8. Membina ketekunan dalan berolahraga.
9. Menghindarkan tindak kriminalitas karena lebih banyak waktu digunakan untuk olahraha.
10. Memberi kebahagiaan lewat kegiatan olahraga yang menyenangkan seperti bersepeda.

Begitu banyaknya manfaat olahraga untuk anak. Apabila buah hati kita sudh menunjukkan tanda-tanda senag dan hobi dengan olahraga, sebagai orang tua sebaiknya memberikan jadwal untuk berolahraga, sebab olahraga yang berlebihan pun dampaknya juga tidak akan baik buat anak.

Selain itu, jangan lupa menyiapkan pengamanan yang diperlukan ketika buah hati sedang berolahraga seperti helm, pengaman lutut, pengaman siku dan sebagainya.

Melalui dukungan-dukungan yang kita berika pada anak, tentu akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dalam olahraga.

Related Posts:

0 Response to "10 Manfaat Olahraga Bagi Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label