6 Solusi Jika Anak Mengalami Kegagalan

Keberhasilan atau kegagalan yang dialami oleh anak merupakan salah satu faktor penting yang diperlukan dalam perkembangan anak. Karena melalui keberhasilan, anak akan belajar untuk mengingat hal-hal apa saja yang bisa membuatnya meraih keberhasilan.

Dan sebaliknya, dengan adanya kegagalan anak dalam belajar menghadapi tantangan dan berusaha lebih baik lagi supaya tidak kembali gagal.


Pada umumnya, anak cenderung menyukai keberhasilan dan merasa takut ketika menghadapi kegagalan.

Hal ini membuat anak tidak menyukai tantangan dan mengharapkan segala sesuatu berjalan lebih mudah dan dengan sendirinya tanpa harus melakukan sesuatu. Namun berbeda halnya bagi anak-anak yang mempunyai kecerdasan intrapersonal tinggi, mereka akan berusaha belajar dari keberhasilan atau kegagalan yang mereka alami.

Misalnya saja ketika mereka berhasil memenangkan suatu lomba, anak akan mempelajari hal-hal apa saja yang bisa membuatnya bisa memenangkan perlombaan tersebut.

Ketika pada kesempatan lain mereka mengikuti perlombaan kembali, mereka akan melakukan hal-hal yang telah mereka lakukan pada perlombaan sebelumnya dengan harapan bisa menjadi pemenang lomba kembali.

Sebaliknya, ketika mereka mengalami kegagalan dalam suatu mata pelajaran, mereka akan belajar lebih giat agar hasilnya memuaskan. Anak akan berusaha agar mereka tidak mengalami kegagalan sama seperti sebelumnya.

Nah, bila suatu hari anak kita gagal ketika mencapai sesuatu hal, ada baiknya kita pun berusaha untuk mengarahkannya. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kita terapkan saat anak mengalami kegagalan.

6 Solusi Jika Anak Mengalami Kegagalan


1. Bantu lihat sisi positif.

Membantu anak untuk bisa melihat sisi positif dari kegagalan dan tantangan yang harus mereka hadapi. Hal ini akan membuat anak belajar memahami bahwa kegagalan merupakan sesuatu yang wajar dalam kehidupan dan harus dihadapi dengan sikap yang positif.

2. Ambil hikmah.

Membimbing anak untuk mengambil hikmah dari setiap kegagalan yang dialaminya dan belajar dari pengalaman tersebut.


3. Cari solusi.

Mengajak anak untuk lebih fokus pada solusi dari sebuah kegagalan, bukan hanya pada kegagalan itu sendiri.

4. Kegagalan bisa diperbaiki.

Mengajarkan kegagalan melalui kegagalan yang kita lakukan sendiri. Beritahukan ke anak bahwa kegagalan adalah hal wajar dan tak apa sesekali gagal. Tak ada kegagalah yang tak bisa diperbaiki.

5. Berusaha agar tidak gagal.

Sebaik mungkin kita selalu berusaha untuk menyelamatkan anak dari kegagalan yang mereka alami. Ad baiknya mereka mencari solusi dari kegagalan yang dialami sendiri.

Apabila anak tampak kesulitan dalam mencari solusi, barulah kita ikut terlibat untuk membantu buah hati kita mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Related Posts:

0 Response to "6 Solusi Jika Anak Mengalami Kegagalan"

Posting Komentar

Entri Populer

Label