3 Cara Agar Anak Gemar Membaca

Bagi sebagian anak, kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan yang tidak menyenangkan dan cenderung membosankan. Mereka lebih cenderung suka bermain atau menonton televisi ketimbang membaca buku.

Nah, anak yang mempunyai keverdasan linguistik yang tinggi, sangat suka membaca buku.


Sebetulnya banyak faktor yang bisa membuat anak menjadi gemar membaca. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang rajin membacakan buku kepada anak, cenderung membuat anak-anak mereka menjadi suka membaca.





Oleh karena itu, salah satu usaha untuk menumbuhkan kegemaran membaca buku adalah dengan membacakan buku dan mendiskusikannya bersama dengan buah hati kita.

Kemudian, jika anak sudah mempunyai kegemaran terhadap membaca, apa yang harus dilakukan oleh orang tua?


Di bawah ini merupakan dorongan-dorongan yang bisa dilakukan oleh orang tua kepada buah hatinya agar mereka selalu gemar membaca dan dapat terjaga kegemarannya tersebut.

1. Menyediakan buku-buku favorit.

Jika anak mempunyai buku-buku yang dianggap favorit, maka belikanlah buku-buku tersebut karena akan bisa menambah semangat kepada mereka dalam membaca. Alternatif lainnya adalah dengan mengajak anak untuk pergi ke taman bacaan atau bisa juga ke perpustakaan.

Di sana, anak-anak pun bisa memilih buku-buku yang mereka sukai.

Kegiatan meminjam buku di perpustakaan juga akan mengajarkan tanggung jawab kepada anak karena mereka harus menjaga buku-buku yang mereka pinjam dan wajib untuk mengembalikannya kembali ke perpustakaan.

2. Menyediakan tempat yang nyaman.

Ketika membaca, tentunya anak akan membutuhkan tempat yang nyaman. Jadi, tak ada salahnya kalau kita menyediakan tempat yang nyaman bagi mereka untuk membaca.

Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan meletakkan bantal-bantal besar di karpet tempat mereka biasa membaca, atau dengan menyediakan kursi yang nyaman di teras, mengganti lampu belajar di kamarnya dengan lampu yang lebih menarik, dan lain sebagainya.

3. Memberikan pembatas buku yang lucu.

Memberikan pembatas buku yang lucu dapat membuat anak lebih bersemangat dalam membaca. Kita dapat memberikan pembatas buku dengan gambar-gambar kartun kesukaan mereka, atau pembatas buku dengan kata-kata mutiara yang dapat memberikan semangat dan sebagainya.

Itulah ketiga cara yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak selalu gemar membaca. Kegiatan membaca adalah hal positif dan tentunya orang tua menginginkan buah hatinya demikian.

Buku adalah ilmu, sekalipun buku tersebut sudah menguning dan usang. Kalau isi yang terkandung di dalamnya menarik, kenapa kita tidak membacanya, syukur-syukur bersama dengan anak-anak kita.

Related Posts:

0 Response to "3 Cara Agar Anak Gemar Membaca"

Posting Komentar

Entri Populer

Label