7 Strategi untuk Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial

Kecerdasan visual spasial adalah kemampuan anak dalam memahami bagun tiga dimensi atau ruang secara tepat. Kecerdasan ini meliputi kepekaan pada unsur garis, warna, bentuk, ruang dan hubungan antara unsur-unsur tersebut.

Anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial tangga, biasanya mempunyai kemampuan untuk membayangkan dan menyampaikan idenya dalam bentuk gambar.


Dan biasanya juga, mereka mampu menyelesaikan nasalah ruang (spasial) dengan lebih mudah dibandingkan dengan anak lain. Mampu mengamati dunia spasial secara akurat, bahkan membayangkan bentuk-bentuk geometri dan geometri, serta kemampuan memvisualisasidengan grafik atau ide tata ruang (spasial).

Apabila kita memiliki buah hati yang sukanya cotat-coret di buku tulis, buku pelajaran, kertas dan sebagainya, hendaknya kita tidak melarang atau memarahinya.





Kita harus cerdas juga, pahamilah anak bahwa hal tersebut merupakan salah satu proses anak dalam belajar.

Namun, kita juga perlu menasehati bahwa ada buku-buku tertentu yang tidak boleh dicorat-coret. Misalnya saja buku perpustakaan, buku yang dipinjam dari teman dan sebagainya.

Pengaruh Otak Kanan

Anak-anak yang mempunyai kecerdasan visual spasial ini lebih banyak dipengaruhi oleh otak kanan, yakni bagian otak yang bertugas untuk memproses ruang.

Kecerdasan ini tidak hanya bawaan dari masing-masing individu sejak lahir, namun kecerdasan ini bisa diasah atau ditumbuhkan dengan berbagai macam kegiatan di bawah ini.

Peran orang tua dalam memberikan stimulus melalui beragam kegiatan juga turut menentukan seberapa tinggi tingkat kecerdasan visual spasial yang nantinya dimiliki oleh anak.


7 Strategi untuk Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengembanghkan kecerdasan visual spasial anak antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menggambar.

2. Mewarnai.

3. Melengkapi gambar.

4. Melukis jari-jari tangan atau finger painting.

5. Bermain layangan.

6. Mengatur dan merancang suatu ruang.

7. Bermain balok rumah-rumahan.

Related Posts:

0 Response to "7 Strategi untuk Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial"

Posting Komentar

Entri Populer

Label