6 Permainan Air yang Bisa Asah Kecerdasan Anak

Biasanya ketika anak sedang bermain air entah itu sedang mandi maupun hujan-hujanan, orangtua selalu menegur agar tidak terlalu lama-lama berkecimpung denga air.

Tak sedikit pulang orangtua yang melarang putra-putrinya ketika bermain air. Takutnya nanti si anak menjadi basah atau nanti sakit, seringkali dijadikan alasan.

Padahal, nyatanya bermain air itu bisa dijadikan sarana belajar bagi anak-anak. Tentu saja dengan aturan-aturn tertentu serta rambu-rambu tertentu.


Bermain air sangatlah seru dan menyenangkan. Namun jangan Anda kehilangan kesempatan emas untuk menyampaikan pengetahuan yang bisa memupuk kecerdasan anak.

Jadi, pilihlah permainan air yang juga bisa mengasah kecerdasan buah hati. Apa saja permainan air yang bisa membantu buah hati semakin cerdas? Berikut enam permainan air yang sangat cocok untuk anak-anak.





6 Permainan Air yang Bisa Asah Kecerdasan Anak


1. Mengenal benda tenggelam dan terapung.

Dengan cara berlomba melemparkan berbagai macam benda ke dalam air dan kemudian mintalah kepada anak untuk menunjuk benda mana saja yang bisa terapung dan tenggelam.

2. Mengisi berbagai wadah.

Seperti mengisi air ke dalam botol, toples, mangkuk dan sebagainya sambil mintalah kepada anak untuk menghitung, engenal sifat-sifat air dan sebagainya.

3. Menyiram bunga.

Ini mengajarkan bahwa tanaman membutuhkan air agar bisa tumbuh dengan subur.

4. Mencuci sepeda.

Sangat menyenangkan bisa berbasah-basahan sambil mempekenalkan bagian-bagian sepeda.

5. Hujan-hujanan.

Biar aman, caranya cukup gunakan payung atau jas hujan dan lihat dan rasakan betapa bahagianya si kecil ketika air menetes di payung. Anda bisa memperkenalkan konsep hujan serta manfaatnya.

6. Menutup dan mematikan kran.

Ini cara ampuh agar anak lebih mengenal manfaat air sesuai dengan kebutuhan.

Related Posts:

0 Response to "6 Permainan Air yang Bisa Asah Kecerdasan Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label