4 Manfaat Anak Tidur Sendiri

Memberikan pelajaran mandiri pada anak ternyata bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengajarkan berani tidur sendiri. Selain agar anak lebih mandiri, si kecel akan belajar mempunyai otonomi diri ketika ia sudah mempunyai kamar atau tempat tidur sendiri.


Mengajarkan anak tidur sendiri juga banyak memberikan manfaat, oleh karena itu banyak psikolog yang menyarankan agar anak tidur sendiri sejak dini. Lalu mulai umur berapa yang ideal, ternyata sudah sejak masuk TK sudah bisa dipisah dari orang tuanya. Tujuannya tentu saja pemahaman peran jenis, laki-laki dan wanit berbeda.

Selain mengenalkan peran jenis pada anak, ternyata membiarkan anak tidur sendiri mempunyai beberapa manfaat lain. Manfaat perkembangan yang positif banyak terjadi ketika anak mulai berani tidur sendiri.

Berikut ini 4 Manfaat Anak Tidur Sendiri


1. Otonomi Diri.

Dengan mempunyai kamar, anak akan mulai belajar mempunyai otonomi diri sendiri. Ketika anak orang tua melibatkan si kecil untuk memilih nuansa dan desain kamar, anak sudah belajar bagaimana menggunakan hak untuk memilih untuk dirinya sendiri.

Selain itu, biarkan anak mengatur barangnya di kamar tersebut sendiri. Dengan begitu, anak akan belajar bagaimana mempunyai otonomi sendiri. Ini dapat terbawa ke aktivitas dan pergaulan agar dia tidak canggung ketika harus mulai terjun ke dunia sosial.

2. Belajar Mandiri.

Pembelajaran mandiri juga bisa dimunculkan ketika anak punya kamar sendiri. Biarkan anak membereskan tempat tidurnya sendiri, meja belajar dan kamarnya. Beri dia tanggung jawab. Jika kamarnya berantakan, orang tua bisa membandingkan dengan kamar si kecil dengan saudaranya yang lain.


Dengan begitu, anak akan merasa malu kalau kamarnya berantakan dan mulai belajar untuk bertanggung jawab.

3. Self Concept.

Dengan anak berani tidur sendiri maka anak akan merasa percaya diri. Oleh karena itu, diperlukan pujian ketika si kecil sudah berhasil berani tidur sendiri. Konsep diri (Self Concept) anak akan terbentuk dengan baik karena anak mempunyai bekal PD yang cukup. Dia akhirnya merasa dirinya berani, yang pada akhirnya dapat berpengaruh pada saat dia bergaul.

4. Presentase Diri Baik.
Karena self conceptnya baik, maka presentasi diri anak juga bail. Anak akan berani dan bisa mempresentasikan atau membawa dirinya dengan baik di pergaulan.

Berani melakukan dan mengatakan apa yang ia inginkan dan apa yang tidak karena ia sudah dibiasakan seperti itu di rumah. Seorang anak akan belajar menjadi pribadi yang asersif.

Related Posts:

0 Response to "4 Manfaat Anak Tidur Sendiri"

Posting Komentar

Entri Populer

Label