8 Ciri-Ciri Anak Cerdas Secara Musikal

Kecerdasan musikal artinya adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan berbagai macam bentuk musik.

Anak yang cerdas secara musikal belum tentu memiliki suara yang merdu. Tapi mereka pasti sangat hebat dalam menerapkan nada dengan tepat dan akurat.

Pada umumnya, anak yang memiliki kecerdasan musikal yang tinggi, dia memiliki kepekaan yang sangat baik terhadap beragam suara, irama dan nada-nada yang didengarnya.

Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan melalui respon yang berupa kletukan jari, goyangan kepala, atau gerakan anggota tubuh lainnya tepat seperti jatuhnya irama musik.

Selain ciri yang umum seperti peka terhadap suara-suara, masih ada ciri lainnya yang bisa dibuat patokan bahwa si anak sangat cerdas secara musikal. Apa saja hal tersebut?


8 Ciri-Ciri Anak Cerdas Secara Musikal


1. Sangat senang bernyanyi atau bisa memainkan alat musik.

Suka bernyanyi menjadi sesuatu hal yang tak dapat dipisahkan darinya. Bahkan dalam berbagai macam kesempatan, anak selalu sja bernyanyi ketika melakukan aktivitas lain dengan lagu-lagu yang mereka kuasai.

Sedangkan kalau pada balita, biasnya anak juga akan memiliki kebiasaan berbicara dengan nada seperti sedang bernyanyi. Terkadang kalimat sederhana saja bisa merekan nyanyikan seperti "turun hujan" dan sebagainya.

2. Peka terhadap suara-suara.

Mereka sangat peka sekali dengan suara dan bunyi-bunyian yang didengarnya. Peka terhadap suara-suara yang muncul di sekitarnya baik nada, melodi.

Bahkan katak yang mengorek pun bisa dijadikan irama. Terkadang kalau anak yang tidak cerdas musikal, bunyi dari suara kodok diacuhksnnya.




3. Sangat suka mendengarkan lagu atau musik.

Mereka sangat suka mendengarkan lagu yang didengarnya baik itu lagu dewadsa maupun anak-anak. Apalagi medianya mendukung seperti radio dan televisi.

4. Sangat peka terhadap lagu-lagu atau musik dan meresponnya.

Kecerdasan musikal ini termasuk kecerdasan jamak yang berhubungan dengan kepekaan mendengarkan suara musik atau nada dan suara lainnya.

Dengan demikian, anak yang memiliki kecerdasan musikal tinggi nyaris tidak bisa dipisahkan dari lantunan musik atau suara-suara yang muncul di sekitarnya.

5. Mempunyai suara merdu atau dapat bernyanyi dengan nada yang tepat.

Ciri utama yang bisa terlihat kalau anak cerdas musikal adalah mampu bernyanyi dengan baik. Kemampuan ini ditunjukkan dengan suara yang merdu yang dimiliki oleh anak.

Namun apabila si anak tersebut tidak mempunyai suara yang merdu, tapi mereka mempunyai kemampuan untuk bernyanyi dengan nada yang tepat. Dan ia pun juga termasuk anak yang cerdas musikal.

6. Bisa menyebutkan kunci nada dengan tepat saat mendengarkan musik.

Anak cerdas musikal tentu mereka akan mahir menguasai kunci-kunci nada dengan sangat baik daripada anak lainnya yang tidak cerdas secara musikal.

Bahkan si anak mampu menyebutkan kunci nada dengan tepat ketika mendengarkan musik. Orang tua bisa mengamati bagaimana kemampuan anak, apakah mahir menyebutkan kunci nada atau tidak.

7. Dapat mengingat syair lagu dengan baik.

Tak heran jika anak yang cerdas musikal memiliki kemampuan untuk mengingat syair atau lirik di dalam lagu-lagu yang didengarkan bahkan kunci nadanya saja diketahui.

Hal terpenting adalah isi dari syair atau lirik tersebut. Perlu diwaspadai oleh orang tua karena bisa jadi ada kata-kata yang negatif dan menjerumuskan.

8. Bersemangat ketika belajar sambil mendengarkan musik.

Bagi anak yangf menyukai musik, mendengarkan musik bisa memberikan senmangat tersendiri bagi dirinya. Tak heran bila anak gembira dan antusias sekali.

Kalau dalam belajar, anak tidak antusias sekali, namun setelah ada musik yang diperdengarkan maka keadaannya berubah. Si anak menjadi semangat sekali belajar.

Related Posts:

0 Response to "8 Ciri-Ciri Anak Cerdas Secara Musikal"

Posting Komentar

Entri Populer

Label