Usia Ideal Anak untuk Tes IQ

Namanya juga orangtua, pasti ada yang berpikiran seperti ini. Saya melihat ada teman anakku yang terlihat begitu cerdas dan mendapatkan nilai baik di sekolahnya.

Banyak yang memuji akan kepandaiannya karena mungkin hanya sedikit saja anak usia di sekolahnya yang begitu mencolok tentang kepandaiannya tersebut.

Orang berpikir juga pasti IQ anak tersebut pasti tinggi. Pasti ada yang penasaran juga berapa sih nilai tes IQ-nya dan seberapa pentingkah tes IQ dilakukan pada anak.


Perlu diketahui bahwa semakin muda usia seorang anak yang melakukan tes IQ, maka akan semakin besar kemungkinan terjadinya perubahan nilai IQ itu sendiri.

Hal tersebut terjadi karena IQ berhubungan dengan norma usia. Sehingga jika seseorang bertambah usia, namun pengetahuan tidak bertambah, sikap kritis tidak meningkat, dari inilah bisa dilihat besarnya nilai IQ seseorang naik atau turun.

Umur Ideal


Berdasarkan alat bantu psikologi yang dapat memperoleh nilai IQ, usia terkecil adalah umur 2,5 tahun. Akan tetapi jika dihubungkan dengan idealnya seorang ank melakukan tes IQ, tidak bisa ditentukan pada usia berapa.

Hal tersebut dikarenakan tes IQ lebih merupakan kebutuhan dan evaluasi. Jadi bukan seperti tes pada akademik yang perlu diberikan setiap kurun waktu tertentu.





Pengukuran potensi kecerdadsan lebih disarankan pada saat anak berusia di bawah 11 atau 12 tahun, dimana setelah usia ini stimulasi masih cukup efektif untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak.

Terkadang ada orangtua yang tanpa sengaja melakukan tes IQ pada anaknya setiap mereka memasuki tingkat sekolah yang baru. Misalnya saat akan memasuki SD, saat akan memasuki SMP, saat akan masuk SMA disertai analisa yang tepat.

Dan pada saat akan memilih jurusan di perguruan tinggi. Hanya saja orangtua harus cukup bijak dalam menerima tes IQ anak-anaknya.

Related Posts:

0 Response to "Usia Ideal Anak untuk Tes IQ"

Posting Komentar

Label