Cara Hadapi Si Kecil yang Cemburu

Dalam berumah tangga, kehadiran anak lebih dari satu tentunya merupakan sebuah berkah tersendiri. Namun jika olrangtua belum bisa mengatur, maka akan terjadi kecemburuan antar saudara.

Cemburu bisa terjadi karena dua saudara atau lebih ini tumbuh dalam satu keluarga yang sama. Jarak kelahiran yang tidak terlalu jauh, akan membuat adik kakak ini memerlukan kasih sayang dan perhatian yang sama.

Untuk itulah dalam menghadapi situasi yang seperti ini, sikap orangtua haruslah bijak dalam memberikan porsi kasih sayang kepada anak-anaknya.

Orangtua harus pandai-pandai dalam membagi waktu, bisa berkomunikasi dengan pasangan. Ketika adik dipegang ayah, si kakak bisa dipegang oleh ibunya. Memang perlu fleksibilitas, kalau tidak, bisa melahirkan sifat iri.

Lalu apa yang semestinya dilakukan oleh orangtua jika buah hatinya selalu merasa cemburu kepada saudara. Berikut ini yang harus dilakukan.

Si Anak Berusaha Mencari Perhatian


Adapun faktor-faktor yang biasanya membuat cemburu si kecil adalah yang bersifat kesenangan anak seperti makanan, mainan dan barang-barang yang dimiliki oleh saudaranya.

Yang bersangkutan akan berusaha untuk mendapatkan perhatian orang di sekitarnya. Untuk mengatasinya, dibutuhkan pola asuh yang tepat agar anak tidak menjadi cemburu.

Untuk mengekspresikan bentuk kecemburuannya, si sulung biasanya menggoda orangtua atau adiknya. Mulai dari merusak mainan adiknya, bertingkah membuntuti orangtuanya dan sebagainya.




Apa yang Harus Dlakukan


Kalau sudah melihat si kecil mengalami kecemburuan, apa yang harus dilakukan oleh orangtua? Orangtua perlu bertindak bijak sehingga tidak terkesan pilih kasih.

Misalnya saja apabila salah satu melakukan kesalahan, maka bukan berarti yang salah saja yang ditegur dan mendapatkan hukuman, namun keduanya perlu dinasehati dengan bijak.

Hukuman harus sesuai dengan anak seusianya dan sesuai dengan kesalahan yang diperbuatnya. Jadi, bisa membuat anak lebih berhati-hati dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Selain itu, orangtua juga perlu mengerti karakter masing-masing anak. Hal ini akan terlihat jika anak sudah menginjak usia batita.

Sifat cemburu pada anak perlu diwaspadai karena kalau sudah semakin besar nanti, biasanya juga akan ikut sifat ini dan akan menimbulkan sifat iri.

Related Posts:

0 Response to "Cara Hadapi Si Kecil yang Cemburu"

Posting Komentar

Entri Populer

Label