Cara Menanamkan Hidup Sehat pada Anak

Harus disadarai bahwa menanamkan nindset hidup sehat sejak dini kepada anak adalah sesuatu yang sangat penting.

Pole hidup sehat seharusnya ditanamkan kepada anak kita sedini mungkin. Kemudian langkah apa yang tepat untuk menggapai hal tersebut?

Semua psikolog sepakat dan setuju kalau pendidikan terbaim adalah dengan keteladanan.

Seperti apakah pembiasaan berlatih hidup sehat? Tentu saja dimulai dari hal yang sederhana dahulu. Misalnya saja pada saat mu makan dan sesudah makan, anak harusnya dibimbing cuci tangan terlebih dahulu.
Sekali dua kali diberi keteladanan untuk mencuci tangan, dan perhatikan apakah dia mulai ikut cuci tangan sendiri pada saat akan makan ataukah malah belum.

Sebagai orangtua, kita bisa memberikancontoh lalu mengingatkan kepada anak jika tidak melakukannya. Dalam memberi contoh atau teladan, sebaiknya sambil diberikan pemahaman. Mengapa harus cuci tangan , mengapa harus tidur tidak larut malam dan sebagainya.

Menjaga Kebersihan


Kesehatan dan kebersihan adalah dua hal yang identik. Untuk terus menanamkan mindset hidup sehat, ajaklah anak untuk ikut menjaga kebersihan.

Terlebih dahulu dalam lingkungan rumah. Caranya adalah libatkanlah anak dalam kerja bakti menjaga kebersihan dalam lingkunhan rumah tangga.

Ajaklah buah hati untuk memberisihkan kmar mandi buat anak yang sudah sekolah dan hanya dengan melihat saja bagi anak yang masih belum cukup umur.




Untuk pengembangan menjaga kebersihan lingkungan, mulai dari kewajiban membersihkan area kamarnya sendiri terlbih dahulu. Setelah itu dikembangkan untuk membantu menjaga kebersihan kamar mandi dan kebersihan lingkungan lain di dalam rumah.

Secara Bertahap


Hal yang mungkin saja cukup susah adalah agar anak mengikuti contoh baik dari orangtuanya yaitu mengonsumsi makanan berserat. Jangan sampai mengikuti soal rasa dan kesukaan anak.

Junk food tak baik buat anak. Orangtua perlu menanamkan tentang kebutuhan tubuh akan sumber-sumber nutrisi. Yang terpenting adalah terlebih dahulu pemberian contoh serta pembiasaan tentunya. Kalau orangtua doyan, maka sangat mungkin anak akan mengikuti doyan.

Tak perlu semua dicontohkan namunharus secara bertahap agar bisa menjadi klebiasaan hidup sehat dan badan anakpun menjadi sehat dan kuat.

Related Posts:

0 Response to "Cara Menanamkan Hidup Sehat pada Anak"

Posting Komentar

Label