Liburan Produktif Bersama Buah Hati

Liburan merupakan masa-masa anak untuk beristirahat dari rutinitasnya. Istilahnya adalah memang anak tidak memikirkan pelajaran atau yang berhubungan dengan sekolah.

Kebanyakan orang menyebutnya dengan rekreasi. Re antinya kembali dan kreasi artinya membuat sesuatu yang baru. Jadi harapannya, dengan liburan anak-anak akanb mendapatkan sesuatu yang baru dan bisa berkreasi.

Liburan sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan tak perlu mahal atau harus menghabiskan budget banyak. Yang terpenting, setelah selesai liburan, anak akan mendapatkan sesuatu yang baru dan bisa fresh serta menikmati liburannya.

Akan tetapi sebelum melakukan liburan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua agar liburannya bisa membawa dampak positif pada anak.
Apa saja itu?

Persiapan


1. Orangtua harus merencanakan budget atau keuangan.

Hal ini penting dipersiapkan, karena bagiamanpun sederhanyanya liburan, pasti akan membutuhkan dana. Jadi orangtua juga harus memperhitungkan dana yang cukup, minimal untuk beli jajan anak.

2. Ajak komunikasi dengan anak mau liburan kemana.

Perencanaan yang matang di jauh-jauh hari, juga penting.

Ada banyak liburan yang bisa dipilih untuk anak. Salah satunya adalah menyambung silaturrahmi berkunjung ke rumah saudaranya, terutama anak yang hidup di perkotaan.




Masa liburan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh anak. Tak harus dihabiskan dengan yang mewah-mewah. Ke rumah saudaranya di desa saja sudah cukup bagus.

Liburan Kreatif


Dengan mengajak anak untuk pergi ke desa atau mengunjungi rumah keluarga yang ada di daerah pedesaan, maka akan ada manfaat yang bisa didapatkan oleh anak.

Si kecil akan bisa mengetahui suasana desa karena selama ini terbiasa dengan suasana kota. Kemudian anak juga bisa lebih dekat dengan saudara yang mungkin ia temui hanya pada saat lebaran Idul Fitri saja.

Liburan sekaligus mempererat tali silaturrahmi.

Jika memang orangtua tidak mempunyai waktu untuk menganratkan anak ke luar kota, orangtua juga bisa sekedar mengajaknya jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Kalau memang ada kebutuhan sekolah yang harus dibeli bersama, bisa dilakukan pada saat itu juga.

Kemudian kalau tidak bisa keduanya, yaitu ke desa atau ke pusat perbelanjaan, orangtua bisa mengajak anak untuk berkebun atauatihan memasak di rumah, atau sesuatu yang kreatif lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Liburan Produktif Bersama Buah Hati"

Posting Komentar

Entri Populer

Label