3 Tips Mendidik Anak Sopan Santun

Banyak orang tua yang bilang bahwa sekarang ini anak-anak sangat kurang paham arti sopan santun. Tak l;ain karena berkembangnya jaman, anak lebih kritis terhadap sesuatu.

Sopan santun merupakan suatu keutuhan dari aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Sopan bisa diartikan sebagai pengertahuan dan pengertian anak pada suatu tata krama dan tata tertib.

Sedangkan santun adalah bentuk penerapan dari pengetahuan tata krama dan tata tertib yang terlihat dalam suatu prilaku atau tindakan (psikomotorik).


Sebagai orang Indonesia yang sangat terkenal akan sopan santunnya di dunia ini, maka tak ada salahnya diwariskan kepada generasi mendatang termasuk anak-anak kita.

3 Tips Mendidik Anak Sopan Santun


Berikut ada tiga tips untuk mendidik anak agar bisa ber-sopan santun dengan ikhlas hati.






1. Diskusi dengan pasangan.

Diskusikan dengan pasangan tentang nilai-nilai sopan santun yang akan diajarkan dan tetaplah konsisten.

2. Be creative.

Kemaslah secara kreatif dan persuasif sehingga anak tidak terlalu merasa digurui.

3. Jangan pernah menuntut anak untuk menjadi sempurna.

Sebaiknya ajarkan dengan mindst "be better each day". Anak diajarkan memperbaiki diri, meningkatkan potensi dalam diri, menerima adanya kelebihan dan kelemahan dalam diri.

Yang terpenting adalah konsistensi dari orangtua dan pengasuh. Tentunya pada saat anak mampu bilang "tolong" dan terima kasih". Anak diberi pujian dan menjawab terima kasihnya dengan "sama-sama".

Related Posts:

0 Response to "3 Tips Mendidik Anak Sopan Santun"

Posting Komentar

Label