4 Pentingnya Mendampingi Anak Belajar

Jangan pernah meremehkan peran pendampingan Anda sebagai orantua selama buah hati belajar. Karena pendampingan belajar ini ternyata membawa hasil yang memuaskan.

Proses belajar anak menjadi cenderung semakin baik. Para pemerhati pendidikan mengklaim bahwa teori psikologi perkembangan anak membuktikan bahwa anak semakin baik jika proses belajarnya didampingi oleh orangtuanya.

Memang ada perbedaan anak ketika belajar didampingi dengan yang tidak. Anak yang tidak didampingi belajar, maka ia akan merasa kurang mendapat perhatian dan menyebabkan anak malas belajar.


Selain secara psikologis, perhatian orangtuanya tersebut akan membantu anak tidak merasa sendirian, percaya diri dan merasa diperhatikan.

Perasaan nyaman dan diperhatikan itu akan menjadi awal belajar yang baik dan bisa menumbuhkan motivasi belajar anak.

Membangun Kedekatan


Sebaiknya orangtua meluangkan waktunya untuk mendampingi anak belajar ketika di rumah. Sangatlah penting mendampingi anak belajar. Sebab orangtua bisa mengetahui perkembangan anaknya secara persis.




4 Sisi Positif


1. Hubungan kedekatan antara anak dan orangtua.

Kedekatan keduanya bisa berjalin dengan baik. Secara teori psikologi komunikasi, orangtua yang mendampingi anaknya bisa membuat pikiran anak menjadi nyaman dan tenang.

Tentu saja kalau bentuk komunikasi yang ada adalah secara ramah dan menyenangkan dan tak ada ketegangan.

2. Orangtua bisa menbantu anaknya ketika ia mendapatkan kesulitan dalam memahami materi.

Jika tak ada yang mendampingi, terkadang anak menjadi putus asa sehingga ia enggan belajar karena masalnya tak ada solusinya.

3. Anak menjadi termotivasi giat belajar.

4. Merupakan bentuk perhatian orangtua.

Orangtuanya juga ikut peduli akan belajar anak-anaknya.

Related Posts:

0 Response to "4 Pentingnya Mendampingi Anak Belajar"

Posting Komentar

Label