Akibat dari Memanjakan Anak

Setiap orangtua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Dan sebagai orangtua tentu sudah menjadi kewajiban utama dan paling penting untuk mencurahkan kasih sayang sepenuhnya kepada anak-anaknya.

Bagi anak, tak ada yang paling berharga selain kasih sayang orangtuanya. Perasaan anak akan lebih bahagia dengan belaian kasih sayang ibu dan ayahnya.

Kasih sayang yang diberikan tidaklah harus mewah, ungkapan kata-kata yang diucapkan oleh orangtua kepada anaknya juga merupakan kasih sayang yang tak terhingga.

Boleh-boleh saja sayang kepada anak, asalkan jangan memanjakannya.

Selain menjadi pribadi yang tidak mandiri dan tidak menghargai orangtua, anak yang terlalu dimanja kelak akan menjadi anak yang egois. Karena setiap orang harus memenuhi keinginannya.





Anak juga punya inisiatif, karena dari kecil anak tidak pernah dibiarkan menyelesaikan masalahnya sendiri. Kemudian rasa percaya dirinya juga kurang karena tidak pernah diberi kesempatan untuk merasa berhasil dan anak dibiarkan tanpa melakukan usaha.

Sifat manja ini bisa disebabkan oleh lingkungan, namun yang paling utama adalah justru dari keluarganya sendiri.

Terkadang orangtua berdalih bahwa itu adalah bentuk dari kasih sayang, padahal hal tersebut salah. Meskipun demikian, anak yang sudah terlanjur manja dan egois, masih dapat dibantu untuk memperbaiki.

Namun sebelumnya, orangtua perlu menyadari terlerbih dahulu bahwa memanjakan anak bisa berakibat buruk buat buah hati. Jika sudah mengetahui, orangtua bisa bantu pelan-pelan.

Karena semakin anak dimanja, maka karakter manja yang ada pada diri anak akan sulit untuk dihilangkan.

Related Posts:

0 Response to "Akibat dari Memanjakan Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label