Positif Negatif Game Action Bagi Anak

Kita semua tahu bahwa anak sebenarnya sangalah dekat dengan aktivitas bermain dan permainan. Nah, dan yang menandakan kalau si anak memiliki kecerdasan matematis logis yang baik yaitu mereka menykai sekali permainan atau game yang berbau strategi untuk tampil selalu menang.

Permainan atau game strategi tersebut merupakan permainan yang membutuhkan strategi tertentu untuk memainkannya.

Si anak kalau gagal, berarti mereka salah atau kurang tepat menerapkan strategi, dan mewajibkannya untuk mengulangi lagi dan tentunya dengan strategi yang lain agar si anak bisa menang.


Contoh permainan game yang membutuhkan strategi adalah:
  • Catur.
  • Sudoku.
  • Game action.
  • Dan sebagainya.

Di antara permainan game yang membutuhkan strategi tersebut, mungkin game action yang paling disukai oleh anak-anak. Karena selain bervariasi, efek visual dan audio yang disuguhkan pun menjadikannya begitu sangat menarik bagi si anak.

3 Dampak Positif Game Action

1. Kemampuan anak untuk memperhatikan sesuatu bisa meningkat pesat.

2. Terbangunnya sikap mental anak untuk menang sehingga dapat membentuk sikap positif yang baik.

3. Melatih anak untuk merancang strategi.

Maka ketika si anak gagal dalam merancang strategi, maka kesempatannya untuk menang dalam game pun semakin kecil. Semua anak pastinya ingin menang dalam bermain game, terutama game ection.

Perlu diingat, meskipun game action ini memiliki banyak manfaat, tentu ada beberapa hal negatif yang kemungkinan besar akan diperoleh anak ketika memainkannya.


Dari sinilah peran orang tua sangat diperlukan untuk membantu anak mendapatkan hal-hal yang positif saja secara maksimal dan meredam hal-hal negatif agar tidak dilakukannya di dunia nyata.

Orang tua harus memberikan pemahaman kepada anak bahwa segala sesuatu yang dilakukan dalam game action tersebut hanyalah permainan belaka dan tidak dapat dilakukan dalam kehidupan nyata. Sebagai orang tua, kita juga harus menyadari peran kita dalam memberikan edukasi melalui game.

Tak hanya memberikan game saja, namun juga harus mampu mempertanggungjawabkannya.

Dampak Negatif Game Action


1. Unsur kekerasan.

2. Teror yang menakutkan.

3. Kadang anak terbelenggu main game seharian.

Dalam memilih game pada anak tidak asal atau sembarangan. Meskipun banyak game yang mendidik anak agar menjadi lebih cerdas dan kreatif, kita tak boleh membebaskan mereka begitu saja dalam menikmati sajian game.

Meskipun anak sudah bisa memilih sendiri game yang baik untuknya, namun kita harus tetap jeli untuk mengawasi dan sebisa mungkin melakukan pendampingan terhadap aktivitas mereka.

Related Posts:

0 Response to "Positif Negatif Game Action Bagi Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label