Mengenalkan Anak Makna Silaturahim

Selain baju lebaran dan angpau, momen idul fitri justru menjadi sangat penting sebagai sarana mendidik anak tentang makna silaturahim. Mengajak anak berkunjung ke sanak saudara serta saling memaafkan menjadi salah satu hal yang dicontohkan orang tua kepada anaknya.

Sejatinya makna dari silaturahim mudah sekali ditanamkan pada anak-anak. Pada praktiknya, silaturahim ini adalah bermain, mengunjungi sanak famili dan para tetangga.


Namun meskipun mudah, akan sulit ditangkap maknanya jika orang tua tidak mampu memberikan penjelasan mengapa kita harus mengunjungi mereka, kenapa kita harus bersilaturahim.

Berilah Keteladanan

Hikmah dari silatuurahim adalah memperpanjang umur dan mempermudah rezeki. Namun anak belum bisa menangkapnya maka katakan saja bahwa kita silaturahim biar punya banyak teman, dan teman adalah rezeki. Bisa dimisalkan demikian untuk pemahaman terhadap anak.

Pada saat silaturahim itu kita juga bisa mengajarkan kepada anak untuk berbagi. Misalnya saja ketika ke rumah kakek dan neneknya, sambil membawa oleh-oleh.

Berilah anak kesempatan untuk memberikan oleh-olehnya kepada kakek dan neneknya. Katakan pada anak bahwa kalau mereka sering memberi seperti ini, maka kelak akan diberi juga oleh orang lain.

Proses penanaman nilai secara langsung melibatkan anak, menjadikannya sebagai pengalaman. Kelak saat dewasa, akan mudah menjadi kebiasaan dan ank mudah paham.

Saling Memaafkan

Dalam silaturahim ada nilai saling maaf dan memaafkan. Ketika mengajak anak untuk silaturahim, perlu juga menghajari anak untuk meminta maaf dan memaafkan.

Katakan pada anak bahwa sikap maaf memaafkan adalah bagian yang harus dilakukan saat silaturahim. Namun orang tua sebaiknya jangan terlalu memaksakan anak saat menenyuruh meminta maaf dan memaafkan.

Libatkan Emosi Anak

Silturahim sebenarnya juga merupakan momen untuk membangkitkan perkembangan emosi sosial anak. Jadi, saat mengajaknya silaturahim, anak perlu diberi kebebasan berekspresi.

Bukalah ruang bermain dengan anak-anak yang lain secara lebih leluasa, karena silaturahim juga bagian dari melatih perkembangan emosi anak. Jangan buat anak dalam situasi tidak nyaman atau tertekan.

Pada intinya adalah bangunlah suasana rumah kakek dan nenek serta saudaranya yang lain itu tempat berlibur, bukan justru anak lebih banyak diajak ke tempat wisata.

Related Posts:

0 Response to "Mengenalkan Anak Makna Silaturahim"

Posting Komentar

Entri Populer

Label