Mengatur Gizi Anak Ketika Berpuasa

Ketika berpuasa, si kecil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Tujuannya agar selama siang hari, mereka kuat menjalankan ibadah puasa sambil tetap beraktivitas dan tidak merasa lemas.

Oleh karena itulah, Anda sebagai orang tua terutama si ibu, haruslah menyediakan menu sahur dan berbuka yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan gizi anak.


Puasa untuk anak sebenarnya hanya bentuk latihan saja, jadi jangan sampai dipaksakan jika si anak tidak kuat. Namun jika si kecil telah mampu untuk melakukan puasa selama sehari full, maka tidak ada salahnya Anda sebagai orang tua mensupport anak.

Salah satu bentuk support yang bisa diberikan adalah dengan menyediakan menu sahur dan berbuka dengan makanan yang bergizi. Hal ini sama seperti menu pada orang dewas selama Ramadan, yaitu harus memenuhi gizi seimbang dan kaya akan serat.

Karbohidrat, protein, lemak dan vitamin lain haruslah diperhatikan dan harus lengkap diberikan, agar anak yang masih dalam masa pertumbuhan tidak terganggu metabolisme pencernaannya.

Menu Berbuka dan Sahur

Pemilihan menu yang tepat akan sangat mempengaruhi aktivitas anak sehari-hari saat berpuasa. Seperti pada saat sahur, maka menu sahur haruslah memenuhi gizi seimbang agar bisa memberikan cadangan energi nanti selama seharian. Karena itu, usahakan untuk memberi asupan serat yang berasal dari buah dan sayuran.

Lalu karbohidrat yang terdapat dalam nasi dan kentang juga protein hewani dan nabati. Protein hewani terdapat dalam ayam, daging, ikan dan telur. Sedangkan protein nabati berasal dari tahu dan tempe. Dan yang terakhir,engkapi juga menu sahur dengan susu.

Snack Buah

Selain menu berbuka puasa, Anda juga bisa memberikan snack di saat senggang seperti pada saat setelah shalat tarawih. Nah, untuk snack yang tepat pilihlah buah potong atau makanan olahan buah.

Bisa jadi pudding buah atau kue buah lainnya. Untuk buah, yang paling baik adalah buah dengan kadar gula tinggi seperti semangka dan bengkuang.

Makanan yang dilarang untuk anak saat berpuasa

Ada beberapa makanan yang harus dihindari atau dikonsumsi anak saat berpuasa, diantaranya adalah:
  1. Makanan pedas.
  2. Gorengan.
  3. Minuman berkarbonisasi.

Alasannya adalah karena makanan tersebut kurang mencukupi kebutuhan nutrisi. Asupan makanan asin saat sahur juga perlu harus dibatasi karena dikhawatirkan bisa memicu rasa haus pada siang harinya.

Dan satu lagi, Segera berbuka dan mengakhirkan makan sahur.

Related Posts:

0 Response to "Mengatur Gizi Anak Ketika Berpuasa"

Posting Komentar

Entri Populer

Label