Manfaat Yoga bagi Si Kecil

Yoga bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak pun juga bisa mendapatkan manfaatnya. Diantaranya adalah untuk kelenturan, kekuatan, dan menenangkan diri. Oleh karena itu, kini yoga semakin digandrungi termasuk anak-anak.

Yoga ini berasal dari kebudayaan India kuno, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Hal inilah yang membuat yoga banyak dilakukan oleh orang dewasa, bahkan anak-anak dengan rentang usia 4-6 tahun dan 7-10 tahun dan seterusnya.


Kelas yoga untuk anak haruslah memperlihatkan kelompok usia. Misalnya saja anak usia 4 tahun sebaiknya tidak digabung dengan anak usia 10 tahun dan begitu juga sebaliknya. Soalnya kalau jarak usia terlalu jauh, maka si anak terkadang enggan bergabung dengan anak-anak yang lebih kecil.

Mood Anak

Manfaat yoga untuk anak sebenarnya sama dengan bagi orang dewasa misalnya aspek gerakan pernafasan yang juga diberikan pada yoga anak. Atau gerakan meditasi yang juga diberikan pada anak. Bedanya hanya terletak pada cara pengajaran dan proporsinya saja.

Pada kelas yoga anak dibuat alternatif. Kurikulum tetap ada, tetapi disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak. Misalnya anak-anak yang usianya lebih muda, guru harus mengikuti mood anak. Kalau memaksakan materi, sementara anak tidak mood, maka akan menjadi sia-sia saja dilakukan.

Manfaat

Tujuan mengajarkan yoga pada anak berbeda dengan tujuan orang dewasa. Kebanyakan tujuan pada orang dewasa adalah untuk melangsingkan tubuh. Kalau pada anak, kurang lebih tijuannya adalah interaksi fisikal.

Ole karena itu, dengan yoga yang diajarkan pada anak, diharapkan akan menciptakan media yang nantinya anak-anak bisa berinteraksi dengan teman-temannya dan lingkungannya tersebut melalui yoga.



Anak-anak tidak hanya duduk saja, tetapi ada interaksi fisik dan sosial, kreativitas dan olahraga. Ini akan membuat mereka lebih disiplin, selain juga menanamkan konsep mencintai sesama, lingkungan dan sebagainya. Tak ada persiapan khusus bagi anak-anak sebelum memulai kelas yoga.

Yoga juga bisa membantu anak-anak yang hiperaktif dan autistik. Pasalnya, dengan yoga, anak-anak ini dimasukkan ke dalam kelompok. Mereka harus berinteraksi satu sama lain, tetapi tidak terlalu banyak. Anak-anak akan diberi forum untuk berekreasi dan mengemukakan pendapatnya.

Gerakan-gerakan yoga juga melatih anak-anak untuk menahan gerakan selama beberapa saat dan harus berkonsentrasi. Hal tersebut sangat baik bagi anak-anak yang hiperaktif karena melatih untuk fokus. Selain itu, gerakan melalui lagu dan games juga akan membuat mereka mau melakukannya.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Yoga bagi Si Kecil"

Posting Komentar

Label