Tips agar Anak Tak Berbohong Lagi

Bagaimana kalau anak terlanjur berbohong kepada orang lain atau bahkan kepada orang tuanya sendiri meskipun dengan dalig berbohong demi kebaikan. Langkah yang bisa diambil orang tua adalah dengan memberikan pengertian kepada anak tentang perbuatan bohong yang telah dilakukannya itu akan berdampak tak baik.


Agar anak tidak mengulangi lagi kebohongan yang pernah dilakukan atau mungkin melakukan pencegahan agar anak tidak sering berbohong, orang tua disarankan untuk menerapkan standar kejujuran pada anak. Orang tua bisa menjelaskan kalau berbohong itu bisa merugikan salah satu pihak, meski bohong untuk kebaikan.

Langkah kedua yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan tidak menydutkan anak. Misalnya anak disuruh untuk mengakui kesalahan yang tidak pernah ia perbuat. Kemudian memberikan hukuman yang sesuai dengan kesalahan anak atau hukuman yang seimbang dengan kesalahannya.

Hukuman yang diberikan ke anak jangan berlebihan, sesuai dengan yang ia lakukan. Karena anak akan merasa bahwa berbohong bisa jadi penyelamat dari hukumannya.

Kemudian orang tua harus memberikan contoh agar anak tidak mudah berbohong. Satu lagi, jika anak berbohong, maka harus dicaritahu terlebih dahulu penyebab dari kebohongan anak, agar tidak salah dalam memberikan hukuman pada anak.

Related Posts:

0 Response to "Tips agar Anak Tak Berbohong Lagi"

Posting Komentar

Entri Populer

Label