Manfaat Menceritakan Pengalaman Pada Anak

"Sesekali anak-anak juga perlu diberikan sebuah cerita-cerita pengalaman jaman dulu. Bisa saat bercengkerama, saat berlibur atau sekedar jalan-jalan pun bisa sambil menceritakan kondisi lingkungan jaman dulu dan perbedaannya dengan masa kini."


Anak-anak sangat antusias mendengar pengalaman-pengalaman orang tua, entah dari pengalaman Anda atau dari kakek, nenek, dan orang-orang yang lebih tua darinya. Menurut mereka cerita pengalaman sangat menakjubkan dan sangat berbeda dengan kehidupan mereka saat ini.

Banyak hal yang dapat diceritakan kepada anak-anak Anda. Mulai dari masa kecil, masa sekolah, masa remaja, masa dewasa. Jarang sekali ada anak-anak yang bosan mendengar cerita masa lalu Anda kecuali Anda menceritakan sesuatu yang sama berulang-ulang, karena sesungguhnya banyak manfaat akan diperoleh anak-anak ketika mendengarkan cerita sebuah pengalaman masa lalu pada anak, yakni :

- Lebih mengenal kerabat dan leluhur;

Bercerita tentang kerabat atau kakek dan nenek Anda yang mungkin belum pernah mereka temui akan menolong anak-anak Anda mengenal leluhur mereka. Sambil bercerita tentang leluhur Anda, Anda juga dapat mengajarkan anak-anak Anda untuk belajar mengisi silsilah keluarga Anda.

- Manfaat yang utama adalah Anak akan ingin lebih mengenal kerabat dengan membuat mereka ingin berkunjung atau silaturrahmi, sehingga jalinan keluarga tidak putus.

Mendapatkan gambaran atas perbedaan keadaan zaman dulu dan sekarang;

Misalnya, di jaman dulu hanya ada satu stasiun televisi saja sehingga seluruh anak negeri bersumber pada satu sumber informasi saja, lain dengan jaman sekarang yang serba canggih dan banyak stasiun televisi juga informasi bisa lewat internet dengan mudah.Ketika Anda menceritakan pengalaman-pengalaman Anda di masa lalu, ceritakan hal-hal itu sesederhana mungkin agar dapat diterima oleh anak-anak dengan baik. Anda dapat menghubungkan pengalaman-pengalaman Anda dengan situasi anak-anak Anda sekarang.

Belajar dari pengalaman orang tua ;
Sebagai orang tua tentu saja kita lebih berpengalaman daripada anak-anak kita. Banyak hal yang belum dilalui oleh anak-anak kita. Sewaktu anak-anak mencapai fase tertentu, mereka dapat belajar dari pengalaman-pengalaman Anda. Ceritakanlah pengalaman-pengalaman yang dapat membantu mereka menghadapi kehidupan di zaman mereka saat ini.

Ikut merasakan suka duka dialami orang tua di zaman yang berbeda ;
Ceritakan kebahagiaan yang Anda rasakan bersama orang tua Anda atau kakek dan nenek mereka. Misalkan saat memasak makanan kesukaan bersama, saat jalan-jalan, perayaan lebaran, saat berkebun atau bila perlu juga saat merawat kakek dan nenek. Biarkanlah anak-anak merasakan suka duka yang Anda rasakan sewaktu Anda seusia mereka.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Menceritakan Pengalaman Pada Anak"

Posting Komentar

Label