Tips Menjadikan Anak Istimewa dan Percaya Diri

Untuk membangun rasa percaya diri anak, salah satunya adalh menjadikan anak istimewa sehingga anak akan bahagia dan tumbuh rasa percaya dirinya. Dalam hal ini ada kaidah-kaidah yang perlu diperhatikan agar tujuan kita tersebut tidak salah dan justru menjadikan anak yang sombong dan manja.



Beberapa tips berikut untuk Menjadikan Anak Istimewa dan Percaya Diri :

 ·       Amati keunikan Anak dan bantu temukan jati dirinya 
     Amati dan kenali anak di usianya yang sekarang: Keterampilan apa saja yang dia kuasai, Apa yang menjadi minatnya. Misalnya Menari, Menyanyi, music, alam, robot, 'baca' buku, melukis. Jika Anda sudah tahu, Anda bisa menawarkan untuk mengikuti les atau memberikan barang-barang yang menunjang minatnya.

·       Pahami cara berpikir Anak saat ia menghadapi masalah
Ada cara membuat Anak merasa bahwa Anda mememahminya dan percaya diri karena merasa diperhatikan dan didukung apa yang menjadi minatnya Jika Anda dapat memahami anak, maka Anda bisa  membantunya  berkembang sesuai dengan keunikan yang ia miliki. Misalnya jika anak suka menari, ikutkan les menari, jika suka membaca maka sediakan berbagai jenis buku, mulai dari buku cerita sampai ensiklopedi mini.  Rak buku dengan aneka warna untuk  meletakkan buku-bukunya sesuai jenis. Berikan pembatas buku dengan gambar binatang kesukaannya. .

·    Pahami pilihan anak 
     Hanya orangtua yang mengerti anak dari ujung kepala hingga ujung kakinya. Memahami pilihan anak seperti kegiatan, kesukaan dan hobinya, merupakan bentuk  menghormati anak dan memperlakukannya  sebagai individu yang spesial.  Begitulah yang akan dirasakan Anak juga. Meski tidak selamanya Anda harus setuju dengan kegiatan atau hobinya. Karena ia masih harus belajar tentang mana yang benar dan salah.
·     Ajaklah Bicara tentang hal-hal yang disukai
     Bicarakan hal-hal yang menarik, penting dan dia sukai. Misalnya bila Anak suka Sepak Bola, ajak bicara tentang bola dan siapa pemain idolanya. Jika suka membaca boleh juga cerita tentang buku-buku cerita menarik terutama yang bersifat mendidik seperti para tauladan.

·    Berikan pujian yang tulus dan jujur,  Katakan bahwa dia adalah anak yang istimewa
     Berikan pujian untuk kemajuan perkembangannya, selain membuatnya sebagai anak yang special tapi semakin percaya diri. Berikan pujian yang jujur dan spesifik. Misalnya, katakan bahwa apa yang digambar atau diwarnai anak itu benar dan bagus. Jika ia berhasil mewarnai daun dengan  rapi dan tidak keluar dari garis, ia layak mendapat pujian.  Jangan berikan pujian bila si kecil mewarnai keluar dari garis.
Pola pikir si kecil masih sangat sederhana. Panggilan ‘my sweety’ atau ‘jagoanku’  bisa membuat anak merasa istimewa. Ditambah lagi dengan ungkapan “Bunda sayang sekali dengan jagoan bunda. Kamu adalah orang yang paling berarti untuk bunda.”  Anak akan merasa istimewa atau spesial ketika ungkapan yang tulus keluar dari mulut dan sikap orangtuanya.  Berikan telinga Anda untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh apa saja yang ingin dibicarakan anak kepada Anda, sekalipun lugu dan membosankan.    

·         Berikan waktu khusus Untuk Diskusi atau Tertawa Bersama
Anak  butuh perhatian tidak hanya  lewat telepon atau video call. Sesekali ajak rekreasi,  menonton pertunjukan, bermain ke bandara untuk melihat pesawat terbang atau berenang dan bermain air di wahana air. Selain menambah keeratan juga dapat merangsang pertumbuhan fisiknya saat Anda mengajaknya bergerak. 
Tertawa membuat pikiran Anda lepas dari masalah-masalah yang  merusak  mood  Anda. Tawa canda Anda  bersama anak dapat meningkatkan ikatan yang kuat  antara  Anda dengan anak. Berbagai lelucon atau tebak-tebakan yang memancing tawa memiliki tempat yang sangat berarti di hati si kecil.
Ia merasakan bahwa Anda memperlakukannya sebagai seorang teman yang special dan hal ini juga menumbuhkan rasa percaya diri karena ada Anda tempat berbagi.

·    Rayakan proses keberhasilannya 
     Tidak terbayang apa yang akan dirasakan oleh Anak bila Anda menghargai kerja kerasnya.  Tidak harus dengan perayaan besar, dengan ungkapan “hebat” atau “pintar”, pelukan, ciuman atau memberikan hadiah  yang sudah ia idam-idamkan Perayaan ini tidak hanya berlaku untuk prestasi besar. Prestasi kecil bisa dimulai seperti mau memberi salam kepada tamu Anda atau mendapat komentar yang positif dari guru di sekolahnya juga patut dirayakan. Dengan begitu Anak akan terpacu untuk berlaku positif.
·   Biarkan anak tahu Anda selalu ada untuknya
     Buah hati Anda sedih karena bermasalah dengan salah satu temannya di sekolah. Hampiri dia, tanyakan kenapa ia bersedih. Tawarkan bantuan kepadanya. Jika ia menolak, hargai pilihannya. Sama seperti Anda, anak juga ingin berbagi atau bercerita tentang kesedihannya. Tugas terpenting Anda adalah, Anda harus siap menolong saat dia butuhkan. Sesekali katakan padanya “Bunda siap membantu kamu, lho. Kehadiran Anda  dalam masa sulit membuat anak berpikir bahwa Anda peka pada  suasana hatinya, sayang padanya dan tetap menganggap dirinya sebagai anak yang spesial meski dalam keadaan ‘terpuruk’. Hal ini membuat Anak gampang bangkit dari keterpurukannya karena terbangun rasa percaya dirinya berkat Anda yang mendukungnya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menjadikan Anak Istimewa dan Percaya Diri"

Posting Komentar

Label