5 Karakter Anak dan Cara Mengatasinya

Setiap anak pasti memiliki karakter berbeda-beda. Anda perlu mengenali karakter dari masing-masing anak. Hal ini sangat penting karena menyangkut psikologis anak itu sendiri. Di usia 4-5 bulan, anak sudah memperlihatkan karakter dasar dirinya. Namun saat usianya semakin besar, ia mengembangkan karakter dasar tersebut menjadi lebih kuat. 
Dengan mengenali karakter anak maka diharpkan para orang tua tahu cara mengatasi sikapnya. Apakah anak Anda termasuk di salah satu karakter berikut?

1. Aktif

Biasanya anak tidak bisa diam dan selalu siap untuk berlari. Bahkan kadang di dalam rumah sekalipun anak tidak bisa diam, bisa jadi lompat-lompat dari berlari kesana kemari. Bila dalam perjalanan panjang berjalan dengan anak berkarakter ini, berhentilah beberapa kali agar ia bisa berlarian untuk sementara waktu. Berikan permainan yang dapat menyerap energinya seperti bola atau sepeda.
 
2. Happy-go-lucky

Pembawaan anak sangat menyenangkan, mudah bergaul, dan beradaptasi sekaligus mudah tersenyum. Anggaplah diri Anda beruntung jika memiliki anak berkarakter ini. Ia laksana malaikat dan tidak membutuhkan cara khusus untuk mengasuhnya.


3. Sensitif

JIka anak sering rewel dan mudah tersinggung, bicara Anda harus lebih hati-hati karena gampang ngambek. Hindari juga memakaikan baju berbahan gatal seperti wol, potong label pakaiannya, jangan terlalu lama dalam perjalanan atau berbelanja, ia akan mudah sekali rewel.



4. Pemalu / penakut

Biasanya anak lengket, menempel pada orangtua dan sering gelisah. Tidak usah memaksakan ia untuk berhubungan dengan orang lain (namun juga jangan terlalu dilindungi). Tetaplah mengantar jemputnya dan tidak ditunggui di sekolah, dan batasi tamu yang datang saat Anda mengadakan acara ulang tahun untuknya.

5. Pemarah

Keras kepala, sering menangis saat gagal melakukan sesuatu. Biarkan ia bergaul dengan teman-temannya dan belajar mengatur emosinya. Lama kelamaan ia juga akan terbiasa. Lakukan aktivitas rutin bersamanya, misalnya gosok gigi bersama mama sebelum tidur.
Untuk karakter ini usahan Anda bisa memberikan pengertian dengan dongeng-dongeng atau diajak bicara ringan. Alihkan amarahnya dengan sesuatu yang bisa menyita perhatiannya.


Related Posts:

0 Response to "5 Karakter Anak dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Label