5 Cara Melatih Anak Bersosialisasi

Paada kasus anak yang merasa ketakutan ketika bertemu dengan orang lain, menurut pakar psikolog, itu merupakan suatu keterlambatan dalam beradaptasi. Padahal kemampuan untuk berinteraksi harusnya sudah dilatih sejak dini. Jika tidak, anak akan menjadi susah berinteraksi dengan orang dan lingkungan yang baru.


Terkdang kita temui anak yang susah untuk diajak untuk berkomunikasi dengan orang asing, bahkan ada yang sampai merasa ketakutan karenanya. Tak hanya dengan orang asing saja, namun juga kepada kerabat yang sudah lama tak ditemuinya, si kecil sulit sekali berinteraksi walau hanya sekedar membalas sapaan.

Anak membutuhkan waktu yang lama untuk mengenal mereka semua. Nah, untuk mengatasi hal seperti ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak agar bisa beradaptasi dengan baik.

5 Cara Melatih Anak Bersosialisasi


1. Ajak anak ke berbagai tempat baru.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah selalu mengajak anak ke berbagai tempat. Terutama tempat-tempat yang belum pernah dia kunjungi. Dengan langkah ini, diharapkan anak akan terbiasa dengan keadaan, suasana dan orang-orang baru lainnya dan yang paling tepat adalah tempat wisata atau taman bermain umum.

2. Memberikan pemahaman dan gambaran.

Setelah Anda mengajak ke berbagai tempat, Anda juga perlu memberikan pemahaman dan gambaran mengenai keadaan yang dia lihat. Dengan begitu, anak dapat mengenal lebih jauh mengenai kondisi yang baru dilihatnya.


3. Ajak berdiskusi.

Seringlah melakukan diskusi bersama dengan buah hati Anda. Langkah ini bisa melatih anak agar bisa lebih fasih berkomunikasi. Selain itu, si kecil pun bisa menyampaikan atau bertanya terkait kejadian-kejadian yang baru ditemuinya.

4. Beri kebebasan bergaul.

Kadangkala anak butuh untuk bergaul sesuai dengan pilihan dan keinginannya sendiri. Langkah ini dapat mengasah sifat kemandirian si kecil. Jangan sampai membatasi anak untuk bergaul, namun Anda harus tetap mengontrolnya sehingga bisa bersosialisasi pada keadaan yang benar.

5. Beri fasilitas tambahan.

Yang terakhir adalah memberikan fasilitas tambahan. Yang dimaksud adalah biarkan anak mencari informasi dan pengetahuan mengenai lingkungannya melalui fasilitas lain, seperti melalui media. Dengan begitu, wawasan anak dalam mengenal lingkungan tidak hanya didapatkan dari orang tua saja, akan tetapi bisa melalui fasilitas lain.

Related Posts:

0 Response to "5 Cara Melatih Anak Bersosialisasi"

Posting Komentar

Label