4 Kemampuan Bisa Diperoleh Lewat Permainan ini

Karena begitu pesatnya perkembangan era digital, membuat tak sedikit anak yang sudah memegang gadget. Kebanyakan mereka menggunakan gadget tersebut untuk bermain game atau menonton video.

Padahal sebenarnya, namanya anak-anask itu perlu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan orangtua, teman-teman atau lingkungan sekitarnya.

Nah, mungkin kini sudah saatnya para orangtua memperkenalkan kepada anak dengan permainan tempo dulu yang tak kalah mengasyikkannya serta sudah dikemas secara modern.

Memang tak salah juga jikalau anak-anak bermain game. Dengan gadget mereka bisa bermain game digital dan sebagainya. Namun, semua itu harus bisa diimbangi dengan real life game.

Sudah sepantasnya, orangtua memberikan aturan yang jelas kepada anak-anak mereka, kapan saatnya bermain real life game dan kapan boleh bermain game digital.


Kenapa bisa begitu?
Karena kalau anak diperkenalkan terlebih dahulu dengan permainan digital, ia akan bisa menjadi ketagihan karena. Sehingga permainan real menjadi kurang diminati.

Ini ada sebuah permainan yang berdasarkan penelitian, mampu meningkatkan kecerdasan anak secara perlahan-laha. Permain tersebut adalah Board Game atau Papan Permainan.





Dengan melalui permainan ini, kemampuan anak bisa dikembangkan atau didapat anak saat melakukan papan permainan. Kemampuan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kemampuan berpikir dan kecerdasan.

Bisa didapat dari kemampuan anak menyusun strategi. Misalnya saja jika anak bermain catur, anak akan belajar untuk mengarahkan permainan dan berpikir apa yang akan terjadi.

2. Kemampuan motorik.

Dengan papan permainan, anak-anak sudah belajar bagaimana memegang yang baik, sehingga nantinya juga akan melatih anak dalam memegang pensil atau pensil warna.


3. Kemampuan sosial.

Melalui papan permainan, anak jadi bisa belajar beradaptasi dengan lingkungan dan teman baru. Apalagi papan permainan ini dimainkan dengan melibatkan orang lain.

Anak akan belajar berkomunikasi yang baik, serta melatih sportivitas dalam konsep menang kalah. Konsep ini dilatih sejak dini agar ketika dewasa, dia tidak takut dalam menghadapi hasil yang dicapai.

4. Kemampuan emosi.

Papan permainan ini dimainkan secara bergiliran. Dengan begitu, anak akan belajar untuk menunggu giliran dan melatih kesabaran. Anak juga bisa belajar mengungkapkan emosinya dengan tepat.

Related Posts:

0 Response to "4 Kemampuan Bisa Diperoleh Lewat Permainan ini"

Posting Komentar

Entri Populer

Label