Apa itu Kecerdasan Intrapersonal Anak

Tahukah kalian apa sebenarnya kecerdasan intrapersonal itu?
Sesaat membaca judul artikel ini, pasti bertanya-tanya dalam hati, apakah itu sejatinya. Sama seperti admin saat pertama kali membacanya dahulu kala.

Memang kecerdasan ini kalah tenar dengan yang namanya kecerdasan intelektual atau IQ maupun kecerdasan emosional atau EQ. Untuk mengetahui pengertian kecerdasan intrapersonal, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Kecerdasan Intrapersonal Anak


Secara sederhana, kecerdasan intrapersonal itu berarti kemampuan memahami diri sendiri. Pada tahun 1983, Howard Gardner mengembangkan sebuah teori yang dikenal dengan "Multiple Intelligent". Dalam teorinya, dia mendefinisikan intelegensi sebagai suatu "IQ (Intelligent Quotient)" , melainkan mengarah pada ketrampilan individu untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi atau pengetahuan baru serta ketrampilan dalam menyelesaikan masalah.

Oleh sebab itu, pembagian intelegensi yang dimaksud Gardner lebih mengarah pada learning styles dari individu yang bersangkutan.

Salah satu tipe intelegensi yang diungkapkannya adalah Intrapersonal Intelligence atau yang dikenal dengan self awareness atau introspeksi.

Pahami Kemampuan Diri

Individu dengan intrapersonal intelligence akan lebih efisien jika belajar secara mandiri dan menentukan tujuan yang akan dicapai. Ia akan melakukan proses introspeksi sebagai upaya untuk memehami kelebihan dan kekurangan diri, sehingga paham langkah konkret apa yang akan digunakan agar tujuan bisa tercapai.

Pada saat mengalami kegagalan, ia akan melakukan penelusuran mengenai faktor-faktor apa, baik internal maupun eksternal, yang membuat tujuan tersebut tidak dapat diraih.

Related Posts:

0 Response to "Apa itu Kecerdasan Intrapersonal Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label