Apa Pengertian Etika Pergaulan

Apa itu pergaulan?
Pergaulan adalah interaksi antarindividu dalam mengenal lingkungan sosialnya, bisa bersifat luas yakni pergaulan dengan banyak orang atau sering bergaul dengan orang lain.


Pergaulan yang sehat adalah pergaulan yang mengarah kepada pembentukan kepribadian yang sesuai dengan nilai dan norma sosial, kesusilaan dan kesopanan yang berlaku.

Etika pergaulan adalah sopan santun atau tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain sebagainya.

Dunia bergaul identik dengan dunia remaja pada umumnya.

Sering kita mendengar istilah "KUPER" atau kurang pergaulan. Remaja dianggap kuper jika remaja tersebut kurang bahkan kemungkinan sekali tidak pernah bergaul setidaknya dengan teman-teman sebaya, di sekolah maupun di luar sekolah sehingga menjadi bahan tertawaan karena ketinggalan berita.


Dalam bergaul semestinya kita bisa menempatkan diri dan membedakan sikap terhadap orang yang lebih tua, dengan sebaya atau ke yang lebih muda.



Orang yang lebih tua atau dituakan kita hormati, dengan sebaya kita harus saling menghargai dan kepada yang lebih muda dan kecil kita harus menyayanginya.


Dalam etika pergaulan antar manusia, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Siapa yang dihadapi (teman, guru, orangtua).
2. Dimana pergaulan itu berlangsung.
3. Bagaimana cara kita bersikap.

Itulah arti pergaulan dan etika bergaul.

Related Posts:

0 Response to "Apa Pengertian Etika Pergaulan"

Posting Komentar

Entri Populer

Label