Beda Anak yang Ambisi dan Ambisius

Ambisi atau menggebu-gebu terlalu bersemangat menjadi sesuatu yang bagus asalkan tidak terlalu dan mentaati semua aturan yang ada. Anak yang ambisius biasanya ditujukan kepada anak yang memiliki ambisi, yaitu keinginan untuk mencapai yang terbaik.

Ambisius pada anak berarti anak memiliki keinginan yang sangat kuat untuk berprestasi atau menghasilkan karya terbaik dalam bidang tertentu. Untuk membedakan antara anak yang ambisius dan tidak bisa dilihat dari bagaimana mereka dapat bersikap sesuai dengan aturan dan bagaimana mereka menghargai orang lain.


Anak yang memiliki ambisi dapat mengendalikan dirinya untuk melakukan cara yang sesuai dengan aturan agar bisa mencapai keinginan berprestasinya. Sementara anak yang ambisius, akan melakukan segala cara bahkan dengan cara-cara yang sebenarnya tidak boleh dilakukan secara aturan, agar ia berhasil menjadi pemenang.

Bahkan untuk hal-hal kecil yang sepele, anak menganggap itu adalah pertandingan yang harus ia menangkan, ia ingin selalu menang menjadi nomor satu. Namun ketika ia gagal meraihnya, ia akan menyalahkan orang lain atau lingkungan sebagai penyebab kegagalannya tersebut.

Berikut ini perbedaan atau ciri anak yang ambisi dan ambisius.

Ambisi

Konotasinya positif karena menunjukkan pada keinginan yang kuat untuk bisa berhasil mencapai yang terbaik. Ambisi inilah yang membuat anak menjadi tergerak untuk bersemangat dan ulet melakukan yang ia bisa. Jika anak tak memiliki ambisi, mungkin anak akan menjadi tidak bersemangat dan hanya berusaha sekedarnya saja, tidak memiliki keinginan untuk berprestasi.


Ambisius

Konotasinya menjadi negatif karena biasanya dilekatkan pada orang yang mempunyai keinginan yang sangat kuat untuk mencapai prestasi dengan disertai kepercayaan yang sangat tinggi terhadap prestasinya sendiri dan sikap merendahkan prestasi orang lain. Hal ini sering membuat mereka cenderung untuk menyalahkan orang lain atas kegagalan yang ia dapatkan.

Related Posts:

0 Response to "Beda Anak yang Ambisi dan Ambisius"

Posting Komentar

Entri Populer

Label