5 Tips Agar Anak Mudah Bergaul

Pada umumnya anak yang sudah berusia lima tahun akan senang bergaul. Mereka saat itu berusaha mengambangkan interaksi dengan lingkungan sosialnya yang lebih luas, di luar lingkungan keluarganya.


Sebagai orang tua yang bijaksana, kita perlu memahami terlebih dahulu karakter dari anak, apakah ia pemalu, berarti ia sebenarnya ingin bergaul namun terhambat oleh rasa malu yang dimilikinya. Ada juga anak yang cenderung introvert dan lebih nyaman dengan diri sendiri namun terampil dalam bergaul.

Bisa pula adanya penyebab faktor lain seperti stres misalnya, sehingga menyebabkan anak menarik diri, enggan bergaul dan sebagainya. Pada intinya, untuk mengetahui penyebab anak enggan bersosialisasi, orang tua perlu melakukan pengamatan lebih dalam lagi.

Bisa jadi anak hanya memerlukan arahan dan dukungan dari orang dewasa yang ada di sekitarnya untuk berbaur dengan teman-teman sebayanya. Nah di sini ada tips penting yang akan membuat anak menjadi mudah bergaul nantinya.

5 Tips Agar Anak Mudah Bergaul


1. Peran orang tua sebagai role model sangat diperlukan sekali.

2. Pahami tipa anak dan berusahalah meluangkan waktu untuk anak.

3. Berikan bimbingan dan arahan yang wajar pada anak.


4. Hindarilah memaksa anak secara berlebihan yang justru dapat berdampak buruk.

5. Libatkan anak pada kelompok kecil yang diikuti oleh beberapa anak.

6. Berikan apresiasi apabila anak menunjukkan usaha untuk bersosialisasi dengan baik.

Apabila berbagai tahap sudah dilakukan oleh orang tua secara maksimal namun anak belum juga menunjukkan keinginan untuk bersosialisasi, ada baiknya orang tua bertemu dengan psikolog terdekat untuk berdiskusi mengenai perkembangan psikologi anak, apakah yang dialami anak tersebut adalah wajar atau tidak.

Hal ini penting supaya dapat dilakukan stimulasi dini secara tepat untuk menvapai perkembangan optomal pada anak.

Related Posts:

0 Response to "5 Tips Agar Anak Mudah Bergaul"

Posting Komentar

Entri Populer

Label