5 Tips Mengubah Anak yang Ambisius

Perlu dipahami bersama bahwa anak yang sedang dalam proses belajar untuk bisa memiliki ambisi yang positif. Alangkah baiknya sebagai orang tua kita tidak langsung berpikir dan mencap anak secara negatif, yang akan tampak pada saat bagaimana pada saat kita meresponnya.


Ketika kita paham anak sedang dalam proses belajar, kita dapat mengarahkan anak untuk dapat belajar memiliki ambisi yang positif. Karena pada dasarnya anak masih dalam tahap belajar sehinggasikap yang ditampilkan biasanya belum menetap menjadi sebuah kepribadian.

Lebih mudah mengubah anak dengan ambisi negatif ke arah ambisi positif ketimbang membuat anak memiliki ambisi dari sebelumnya yang tidak memiliki ambisi. Karenanya, ambisi negatif bagi anak justru merupakan bagian dari proses belajarnya untuk bisa mengarah ke ambisi positif.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengubah Anak yang Ambisius:


1. Hargailah tiap proses yang dilakukan oleh anak.

Hargai setiap proses yang akan dilakukan oleh anak, bukan hanya menghargai hasil akhir yang ia dapatkan. Diharapkan anakpun belajar untuk lebih menghargai proses yang baik, bukan hanya sekedar hasil.



2. Ajak berdiskusi apa saja yang ia inginkan.

Seringlah mengajak anak untuk berdiskusi mengenai prestasi apa yang ia inginkan, mengapa itu penting baginya dan apa yang ia rencanakan untuk mencapainya. Arahkan proses berpikir anak untuk memiliki keinginan berprestasi bukan hanya untuk menunjukkan diri baik di lingkungan.

Namun karena paham itu perlu dilakukan untuk bisa berhasil mencapai potensi terbaik yang ia miliki. Jadi arahkan anak untuk menetapkan target prestasi yang lebih tinggi dari kemampuan dirinya saat ini, bukan menetapkan target yang sama dengan orang lain.

3. Ajaklah anak untuk berdiskusi mengenai kegagalan yang ia temui.

Eksplorasi apa yang ia rasakan karena pengalaman tersebut. Diharapkan anak bisa mengevaluasi diri secara obyektif dan mengelola emosinya secara positif.

4. Menerapkan disiplin dengan kasih sayang.

Sepakatilah aturan bersama-sama dengan anak dan secara logis buatlah anak menjadi paham mengenai setiap konsekuensi yang akan ia dapatkan sesuai dengan aturan tersebut.

5. Berikan sebanyak mungkin pengalaman untuk anak bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Lewat pengalaman ini, anak akan banyak belajar tentang cara menyesuaikan diri dengan orang lain, bukan hanya fokus pada apa yang ia inginkan saja.

Demikianlah tips-tips mengubah anak yang ambisius menjadi lebih positif.

Related Posts:

0 Response to "5 Tips Mengubah Anak yang Ambisius"

Posting Komentar

Entri Populer

Label