Apa Itu Stimulasi ?

Sekalipun orang dewasa, belum tentu juga mengetahui arti dari kata stimulasi yang biasa dibaca di media-media online layar kaca maupun surat kabar tabloid.

Apalagi yang masuk duduk di bangku sekolah, pastinya bertanya-tanya apakah sebenarnya stimulasi yang dimaksudkan tersebut. Karena pentingnya stimulus ini, tiada salahnya tiap kali ada kata stimulasi selalu cepat tanggap.


Banyak orang tua yang dengan rela hati merogoh kocek hingga jutaan rupiah agar anaknya bisa distimulus dengan baik. Tujuannya agar anak cepat menjadi cerdas dan cekatan.

Apa sebenarnya stimulasi itu?

Stimulus artinya adalah rangsangan atau dorongan. Sedangkan menstimulus memiliki arti merangsang atau mendorong.

Stimulasi merupakan salah satu kebutuhan untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal bagi seluruh anak. Tujuan utama stimulasi adalah tercapainya perkembangan si kecil seusianya.





Perkembangan itu sendiri meliputi beberapa ranah yaitu dari sisi motorik kasar, motorik halus, kognitif, bahasa dan komunikasi serta kemandirian.

Stimulasi ini sebenarnya dapat dilakukan sejak masih dalam kandungan berkisar usia kehamilan 20 minggu.

Untuk ibu hamil, stimulasi pada janin dapat dilakukan dengan cara mendengarkan musik melalui headphone yang diletakkan pada perut ibunya. Kemudia bisa juga dengan mengelus-elus perut, mendengarkan ayat-ayat suci Al Qur'an ataupun sekedar bercakap-cakap dengan janinya.

Related Posts:

0 Response to "Apa Itu Stimulasi ?"

Posting Komentar

Label