8 Cara Agar Bayi Sehat dan Cerdas

Memiliki buah hati yang sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orangtua. Tak ayal, banyak orang tua yang rela melakukan apaun untuk mewujudkannya.

Misalnya saja yang jelas tampak oleh semua orang adalah dengan menyekolahkan anaknya meskipun buah hatinya masih kecil bahkan bayi sekalipun.

Orangtua juga rela membelikan mainan edukatif, memberikan vitamin atau susu yang mahal, dan masih banyak yang lainnya lagi agar tujuan cerdas dan sehat sejak dini bisa tercapai.

Lazada Indonesia


Itu semua sebenarnya sah-sah saja dilakukan oleh orangtua walaupun sebenarnya tidak harus mahal.

Rangsangan apa saja yang sebenarnya bisa membantu bayi untuk membantu mencerdaskan si kecil? Yang pasti harus sesuai dengan kapasitas dan ukuran buah hati.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang mudah dilakukan untuk mencerdaskan bayi.

1. Menciumi tubuh bayi.

Ciuman bisa diterapkan pada tubuh bayi terutama daerah pipi, dahi, perut dan lengan. Hindari mencium daerah bibir karena dikhawatirkan kalau orang tuanya sedang flu, bisa tertular.

2. Menyandarkan bayi di dada.

Pada saat ibu menyandarkan kepala bayi di dada, maka bayi akan mendengarkan denyut jantung ibunya yang teratur. Hal ini akan membuat sirkuit otak bayi terutama bagian korteks yang menjadi pusat ingatan dan pengendalian emosi akan terbentuk sempurna.


3. Memeluk bayi.

Dengan mendekap bayi, maka akan membuat bayi Anda akan lebih tenang dan rileks. Selain bisa meredakan rasa gelisah, pelukan juga mampu meredakan rasa sakit.

4. Menatap mata bayi

Dengan menatap mata bayi, maka ia akan membalas tatapan orang tuanya, mempelajari dan mengingat wajah orang yang telah menatapnya tersebut.


5. Sering mengajak bayi bicara.

Untuk meangsang perkembangan bicara dan berkomunikasi dapat dilakukan dengan mengajak bayi berbicara. Mengajaknya bercanda, mengajaknya bermain serta bersenda gurau.





6. Tersenyum.

Senyuman bayi untuk merangsang reaksi orang tuanya. Namun pada intinya adalah ia akan berusaha dan mencoba untuk berinteraksi dengan ibunya.

7. Tertawa.

Tertawa merupakan salah satu cara bayi bahwa ia sangat respek dan dan menunjukkan respon terhadap ibunya.

8. Menyentuh tubuh bayi.

Kulit bayi memang sangatlah halus, lembut dan enak disentuh. Sentuhlah bayi Anda dengan lembut meskipun hanya sekedar menyentuh, mengusap, membelai, memijit, menggelitik, menepu punggungnya, memainkan tangannya dan sebagainya.

Sentuhan itu dapat merangsang segala sesuatu. Bisa mengembangkan sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan kondisi emosional serta menguatkan ikatan batin antara ibu dan anak.

Related Posts:

0 Response to "8 Cara Agar Bayi Sehat dan Cerdas"

Posting Komentar

Entri Populer

Label