6 Tips Hindari Anak Demam Panggung

Banyak orangtua maupun psikolog handal yang memberikan pernyataan bahwa anak yang demam panggung adalah hal yang wajar dan biasa terjadi.

Hal tersebut dikarenakan ada rasa cemas pada diri anak, sehingga memberikan pengaruh terhadap perilaku mereka sendiri, yaitu demam panggung.

Demam panggung biasanya terjadi ketika anak dihadapkan dengan situasi yang baru atau bisa juga karena harus tampil di hadapan orang banyak.


Ketika persiapan sudah sempurna, namun tiba-tiba saja si buah hati malah menangis ketika akan tampil di panggung. Ada pula yang ngambek tak mau tampil di pentas.

Bagaimana jika hal tersebut terjadi pada buah hati Anda? Apakah yang harus lakukan? Apakah harus dibatalkan pentas meriah si anak atau bahkan menundanya terlebih dahulu?

Penyebab Rasa Cemas Anak


Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu perlu diketahui oleh semuanya, apa penyebab rasa cemas pada anak ini yang tiba-tiba saja muncul ketika akan pentas.

Banyak hal yang menyebabkan rasa cemas pada diri anak, antara lain adalah:
  • Takut terhadap situasi yang baru (orang baru, teman baru, tempat baru dan sebagainya).
  • Takut tampil kurang baik atau tidak benar.
  • Takut mendapatkan respon negatif dari lingkungannya.

Permasalahan takut dengan lingkungan di sekitarnya bisa jadi takut akan disalahkan, takut dikritik, takut diolok-olok, atau bahkan takut dimarahi.


Tips Hindari Anak Demam Panggung


1. Selalu ikuti proses latihan anak.

Terutama dengan berkomunikasi dengan guru atau pembinbing. Misalnya saja apakah anak mengalami kesulitan saat latihan. Dan jika jawabnya iya, orangtua perlu membantu anak latihan di rumah.

Namun jangan sekali-kali memaksakan apalagi pada saat anak sedang lelah atau suasana hatinya sedang tidak enak.





2. Perhatikan kesehatan anak.

3. Istirahat yang cukup.

4. Jaga suasana hati anak.

Terutama sebelum anak masuk pentas. Meskipun persiapan sudah maksimal dan baik, namun jiks suasana hatinya sedang sedih, cemas, marah, maka akan mempengaruhi penampilan anak di panggung.

5. Datang di lokasi lebih dini.

Hal ini sangat perlu, supaya anak mempunyai waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan situasi.

6. Berdoa.

Doa adalah salah satu kekuatan yang bisa membawa anak mencapai sukses. Apalagi dengan hadirnya doa dari ibunya sendiri. Jangan lupakan dengan doa ketika akan melakukan perbuatan yang baik.

Related Posts:

0 Response to "6 Tips Hindari Anak Demam Panggung"

Posting Komentar

Entri Populer

Label