4 Strategi Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak

Anak yang cerdas interpersonal selalu berinisiatif membantu teman-temannya. Dia akan menghsmpiri dan membantu salah satu temannya yang terjatuh misalnya.

Hal tersebut bisa jadi merupakan sikap peduli dan suka menolong terhadap orang lain. Selain merasa bangga, kita pun harus berusaha untuk memberikan teladan dan contoh yang baik agar si anak terus menjaga kebiasaannya yang terpuji dan mulia tersebut.

Namun sikap terpuji tersebut patut diwaspadai karena ada sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilakukan anak itu. Misalnya saja kerika anak yang cerdas interpersonal disuruh mengerjakan tugas oleh temannya.




Tentu hal tersebut akan sangat merugikan bagi kedua belah pihak.

Langkah apa saja yang sebaiknya diambil agar buah hati kita bisa cepat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak.

4 Strategi Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak


1. Mengasah kepekaan empati anak.

Tugas kita di sini adalah mengasah kepekaan anak terhadap hal-hal yang terjadi pada orang-orang di sekitarnya. Misalnya saja ketika menjenguk orang yang sakit, maka bisa bertanya bagaimana perasaannya jika mengalami sakit seperti itu.

2. Senantiasa memotivasi anak untuk bekerjasama.

Sebaiknya kita memberikan dukungan kepada anak agar mereka tidak segan-segan untuk bekerjasama dengan teman-temannya. Entah itu tugas kelompok sekolah maupun di luar sekolah.

3. Mendorong anak untuk berbagi rasa dengan temannya.

Ketika salah seorang temannya sedang bersedih, kita bisa meminta buah hati kita untuk menemani dan menghibur temannya tersebut agar tidak bersedih.
Lazada Indonesia

4. Melatih anak untuk saling menjaga komunikasi.

Siapa saja yang mampu menjaganya, maka dia telah menunjukkan kecerdasan interpersonal yang tinggi.

Dengan kata lain, kita sebaiknya mendorong anak agar mempunyai keberanian dan kemauan dalam menjaga komunikasi dan membina hubungan baik dengan orang lain.

Related Posts:

0 Response to "4 Strategi Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak"

Posting Komentar

Entri Populer

Label