4 Faktor Terjadinya Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja itu sendiri tak selalu murni disebabkan oleh perilaku dari dalam diri remaja. Akan tetapi juga bisa disebabkan karena pengaruh dari luar diri remaja dan merupakan efek samping dari hal-hal yang tidak dapat ditanggulangi oleh remaja.

Bahkan orang tua maupun keluarga tidak mampu mengatasinya. Akibatnya, remaja menjadi korban dari keadaan keluarga. Adanya percekcokan dari orangtua sangat mempengaruhi kenakalan remaja.

Jadi, kenakalan remaja di sini sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Suasana masyarakat yang kurang baik sangat berpengaruh pada perkembangan anak.

Apalagi menjelang anak menginjak remaja, dimana remaja pasti banyak bergaul dengan masyarakat sekitar. Maka jika lingkungsn sekitarnya buruk, kemungkinan besar anak akan terpengaruh.



4 Faktor Terjadinya Kenakalan Remaja


1. Kondisi keluarga berantakan atau broken home.

Keluarga yang berantakan merupakan cerminan adanya ketidakhsrmonisan antara orangtua dan anak dalam lembaga rumah tangga. Hubungan suami istri yang tidak sejalan ditandai dengan pertengkaran dan konflik terus menerus.

2. Kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua.

Namanya anak, juga perlu kebutuhan psikologis untuk pertumbuhan dan perkembangan kepribadiannya. Kasih sayang dari orangtuanyalah yang selalu dirindukan oleh anak.

3. Status sosial ekonomi orangtua rendah.

Kehidupan ekonomi sosial merupakan salah satu penunjang untuk membentuk keluarga yang bahagia. Dengan ekonomi yang mapan, semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi dengan baik.

4. Penerapan disiplin keluarga yang tidak tepat.

Jangan sampai penerapan disiplin hanyalah semu dan sementara saja kepatuhannya.

Related Posts:

0 Response to "4 Faktor Terjadinya Kenakalan Remaja"

Posting Komentar

Entri Populer

Label