Manfaat Dongeng untuk Anak

Mendongeng merupakan cara yang paling sederhana sekali dan mudah untuk dilakukan untuk melatih imajinasi anak-anak. Meskipun begitu, zaman sekarang jarang sekali ditemukan orang tua yang rutin mendongengkan anaknya saat hendak tidur.

Mendongeng merupakan cara yang paling disenangi anak-anak, terutama anak usia 3-7 tahun. Anak akan merasa senang jika dibacakan dongeng. Kenyataannya dengan dongenglah, sesuatu yang berat akan terkesan lebih mudah diterima oleh anak.

Dengan mendongeng, hubungan orang tua dan anak akan semakin dekat, baik secara lahir maupun batin. Keuntungan lainnya dari mendongeng adalah akan membantu mengoptimalkan perkembangan psikologi anak. Daya imajinasi anak-anak itu luas, dengan mendongeng akan membantu imajinasi mereka berkembang.
Melalui dongeng, perbendaharaan kata anak akan semakin bertambah. Ketika anak membaca dan mendengarkan dongeng dan menceritakannya kembali, anak aka memperoleh dan mempelajari kosakata baru. Selain itu, melalui dongeng, imajinasi anak akan berkembang karena alur cerita yang disampaikan akan membawa anak menuju dunia fantasi, seperti cerita kerajaan, sihir, binatang, dan bahkan cerita nabi-nabi.

Dongeng merupakan hal yang menarik bagi anak karena cerita dalam dongeng tersebut membawa anak ke dalam dunia imajinasinya.

Sebagai orang tua yang baik, terutama yang muslim, ada baiknya mendongengkan anak dengan memberikan cerita islami atau dongeng islam seperti dongeng tentang Rasulullah SAW, kelak di kemudian hari, anak akan menjadi pribadi yang mandiri serta berakhlak mulia.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Dongeng untuk Anak"

Posting Komentar

Label