4 Hal Yang Dapat Menyebabkan Fobia Pada Anak


Fobia bisa diartikan sebagai kondisi ketakutan yang teramat sangat terhadap suatu benda atau kejadian. Ketakutan yang berlebihan ini menyerang psikis anak dan membuat anak menjadi mudah mengingat apa-apa yang ia takutkan dan bahkan bisa terbawa hingga dewasa.
Reaksi fobia bisa bermacam-macam, mulai dari reaksi berteriak histeris, menangis, marah, pingsan bahkan ada yang sampai pada kondisi kejang akibat traumatik yang dialami si penderita.

Sebagai orang tua, perlu waspada akan macam-macam fobia yang sering membayang-bayangi kehidupan anak. Fobia yang menimpa anak-anak tidak bisa terus dibiarkan. Semakin dibiarkan, tingkat ketakutannya akan semakin parah dan ini tentu tidak baik untuk kondisi psikologinya.

4 Hal Yang Dapat Menyebabkan Fobia Pada Anak adalah :

1. Ketakutan terhadap benda-benda tertentu
Banyak anak yang begitu histeris ketika dihadapkan pada suatu benda, Bisa saja sebelum anak Anda menjadi penderita fobia untuk benda-benda tertentu itu, ia pernah terluka atau tersakiti oleh benda-benda yang akhirnya ditakutkannya itu. Misalnya saja, topeng pernah membuat anak Anda terkejut dan kemudian menangis histeris. Karet gelang pernah melukai si anak pada saat main ketepel. Atau bisa juga anak pernah “ditakut-takuti” oleh benda-benda tersebut, sehingga memori yang melekat dalam ingatannya tentang benda-benda yang ditakutinya tersebut adalah bayangan yang menakutkan. Peristiwa-peristiwa buruk berkaitan dengan benda-benda itulah yang membuat anak Anda tidak ingin lagi berhadapan atau berurusan dengan benda-benda yang ditakutkannya itu.

2. Ketakutan terhadap lingkungan Sosial
Banyak anak yang menjadi enggan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dikarenakan sebelumnya ia pernah mempunyai pengalaman yang tidak menyenangkan dengan seseorang atau beberapa orang yang dihadapinya. Misalnya, anak pernah berinteraksi dengan seseorang atau beberapa orang yang berkarakter pemarah dan suka menertawakan. Orang-orang seperti itu membuat anak takut dan minder. Ia berusaha menarik diri dari lingkungan sosial manapun yang ia hadapi karena beranggapan bahwa semua lingkungan sosial pasti menyajikan orang-orang dengan karakter pemarah dan suka menertawakan.

Padahal perkiraannya itu sama sekali tidak benar. Ketakutannya yang amat sangat itulah yang membuat kesan seolah-olah semua orang baru yang dikenalnya memiliki karakter yang tidak bersahabat dan mengancam ketenangannya. Itu sebabnya mengapa sebagaian anak menjadi malas pergi ke sekolah ketika ia baru pertama kali terdaftar sebagai murid. Itu pula sebaBbnya mengapa anak Anda menjadi begitu penakut untuk tampil di depan umum saat diminta bernyanyi di acara ulang tahun atau di kemeriahan lainnya. Takut ditertawakan atau takut dimarahi jika salah membuat anak menjadi penderita fobia lingkungan sosial.

3. Ketakutan terhadap hewan-hewan tertentu
Hewan-hewan tertentu yang biasanya tidak menakutkan bagi sebagian anak, bisa menjadi sesuatu yang sangat menakutkan untuk sebagian anak yang menderiat fobia. Ada anak yang begitu takutnya terhadap kucing, anjing, cicak, atau bahkan takut pada monyet yang sebenarnya lucu dan tidak berbahaya. Tidak heran jika beberapa anak penderita fobia sangat enggan mengunjungi kebun binatang yang di dalamnya terdapat binatang-binatang yang ia takutkan.

4. Ketakutan  terhadap kondisi tertentu
Kondisi tertentu seperti ruang gelap, lampu yang terang benderang, suhu yang dingin, ruangan yang pengap, petir, hujan, banjir, angin dan ombak bisa membuat anak menderita ketakuatan yang luar biasa. Banyak anak yang menolak dan lebih memilih menangis sejadi-jadinya ketika lampu kamarnya harus dimatikan saat ia tidur. Dalam bayangannya, kegelapan adalah sesuatu yang sangat menakutkan.

Bisa juga suatu peristiwa yang tidak mengenakkan pernah terjadi ketika si anak melihat bagaimana banjir, angin topan, petir atau ombak menerpa rumahnya dan melenyapkan nyawa orang-orang yang ia sayangi. Latar belakang menakutkan seperti itulah yang bisa menjadi penyebab mengapa anak Anda menjadi fobia terhadap kondisi tertentu.

Related Posts:

0 Response to "4 Hal Yang Dapat Menyebabkan Fobia Pada Anak"

Posting Komentar

Label