Perbedaan Antara Bakat dan Minat Anak

Beberapa ahli mengatakan bahwa setiap anak normal memiliki jumlah sel otak yang sama pada saat lahir. Sehingga masing-masing anak memiliki peluang yang sama untuk mengembangkan seoptimal mungkin.

Perkembangan dan pertumbuhan seorang anak ditentukan oleh nature (bawaan) dan nurture (lingkungan). Dengan demikian, bakat yang sudah ada pada diri anak tidak bisa terlihat sama sekali jika tak disertai stimulasi dari lingkungan.

Misalnya dukungan dan motovasi dari orangtua, kesediaan orangtua untuk mengajari anak, serta kemampuan orangtua untuk menfasilitasi berbagai hal yang diperlukan dalam mengembangkan bakat seorang anak.


Lalu apa perbedaan antara bakat dan minat anak?

Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang dan merupakan bawaan sejak lahir. Bakat yang dimiliki memungkinkan seseorang untuk mempelajari pengetahuan maupun ketrampilan.





Bahkan dengan bakat ini, seseorang bisa mencapai prestasi yang hebat dalam bidang tertentu.

Pada sisi lain, minat merupakan ketertarikan atau keinginan seseorang untuk mengetahui dan mempelajari lebih dalam tentang suatu pengetahuan atau ketrampilan tertentu.

Sebagai orangtua, akan lebih mudah mengarahkan anak melalui kegiatan yang diminati atau disukainya. Tak sedikit juga orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya yang masih kecil untuk mengikuti tes psikologi yang bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat anak.

Sebaiknya,rangtua perlu segera membimbing putra-putrinya untuk menyusun prioritas kegiatan sejak dini yang mengarah kepada pengembanngan bakat anak.

Related Posts:

0 Response to "Perbedaan Antara Bakat dan Minat Anak"

Posting Komentar

Label