6 Tips Hadapi Kritikan Anak

Anak yang bersikap kritis itu sangatlah bagus. Pada saat anak mengkritik orang tuanya, sebaiknya orangtua berbesar hati menerima kritikan si kecil.

Bagaimanapun juga, orangtua bukanlah manusia yang sempurna yang tak pernah malakukan kesalahan.

Anak perlu mengetahui bahwa orang tuanya juga manusia biasa yang dapat melakukan kesalahan. Orang tua harus berbesar hati dan meminta maaf kepada anak.
Namun, tak semua orang bisa menerima kritikan. Orangtua pun ada juga yang merasa tak nyaman ketika dikritik oleh anaknya sendiri, apalagi oleh orang lain.

Jadilah Role Model


Sudah seharusnya dan sepantasnyalah ketika menyikapi kritikan anak, orangtua hendaklah bisa menjadi "Role Model" dan bereaksi secara sehat.




Cobalah dengarkan anak-anak dengan baik dan akuilah kelalaian kita kepada anak. Meminta maaf adalah hal yang positif karena anak akan melihat bagaimana orangtuanya bersikap sportif.

Ke depan, nantinya anak mengikuti apa yang telah dicontohkan oleh orantuanya. Pada saat menghadapi kritikan anak, yang harus dilakukan orangtua adalah sebagai berikut.



6 Tips Hadapi Kritikan Anak


1. Berbesar hati menerima kritikan.

2. Mendengarkan anak dengan seksama.

3. Selama kritikannya sehat dan positif, orantua bisa menjadikan kritikan tersebut sebagai contoh dan menerima dengan baik.

4. Ketika diserang kritikan, usahakan bereaksi secara sehat dan matang.

5. Cobalah untuk menenangkan diri dengan cara menarik nafas, diam sebentar, agar jangan sampai terucap kata-kata yang kurang baik, bentakan maupun amarah.

6. Hindari bereaksi spontan atau tudak sabar yang tidak tepat karena emosi sesaat.

Related Posts:

0 Response to "6 Tips Hadapi Kritikan Anak"

Posting Komentar

Label