4 Tips Memilihkan Teman untuk Si Kecil

Orangtua sebaiknya mendukung anak agar berteman dengan teman sebayanya dengan memberikan kesempatan pada anak unuk bermain dengan teman yang disukainya.

Karena kelebihan dari bersosialisasi, anak dapat belajar secara "trial and error" serta menerapkan apa yang telah dipelajari dari orangtua.

Hal lain yang dapatilakukan orangtua adalah dengan mengajarkan keterampilan sosial pada anak di rumah secara bertahap seperti cara membuka percakapan, taking turns atau bergantian giliran, bagaimana mengekspreikan tanda setuju maupun tidak setuju, sedih, senang, marah dan sebagainya.

Selain mempersiapkan dan mendukung anak di rumah, berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh orangtua dalam memilihkan teman untuk si kecil.






Tips Memilihkan Teman untuk Si Kecil


1. Observasi teman-teman si kecil.

Misalnya saja dengan melakukan paydate.

2. Perhatikan tingkat disiplin dan jenis pola asuh calon teman si kecil.

Orangtua bisa memperhatikan, dan kalau perilaku calon teman cenderung positif, maka bisa dikategorikan calon teman si kecil yang baik.

3. Perhatikan nilai-nilai apa yang cenderung ditanamkan dalam lingkungan teman sebayanya.

4. Kalau bisa, carikan role model yang baik.

Role model adalah sosok kakak yang dapat bermain bersama dengan si kecil dan menunjukkan perilaku yang positif karena anak akan cenderung menurut dan mengikuti role model tersebut tanpa perlu dinasehati.


Dengan menerapkan persiapan dan dukungan pada anak, maka secara tidak langsung, orangtua sudah ikut berpartisipasi dalam memilihkan teman untuk si kecil.

Ya, tentunya tanpa terlihat secara mencolok dan mendominasi anak dengan memilihkan temannya. Dengan kata lain, orangtua memiliki andil yang besar dalam memilih teman anak. Namun, caranya dalam bentuk non-direktif.

Dengan demikian, anak akan berkembang ketrampilan sosialnya sehingga ia mampu memilih teman dengan baik. Dan anak pun menjadi semakin percaya diri.

Namun sebaliknya, jika orangtua terlalu ikut campur memilihkan teman, maka ketrampilan sosial anak tidak berkembang secara optimal dan ia pun nantinya kurang percaya diri dalam lingkungan sosial.

Related Posts:

0 Response to "4 Tips Memilihkan Teman untuk Si Kecil"

Posting Komentar

Entri Populer

Label