Enam Manfaat Pijatan pada Bayi

Pemijatan tak hanya menguatkan ikatan emosional antara ibu dan anak. Selain psikologis, memberikan rasa nyaman, pemijatan yang tepat juga mampu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak buah hati Anda.

Pijatan sentuhan pada tubuh anak juga menjadi ungkapan cinta yang akan mempererat ikatab batin antara orang tua dan anak. Itu sebabnya para ahli menganjurkan pijat bayi dilakukan oleh ayah atau ibu, bukan diserahkan kepada dukun pijat.

Terhadap perkembangan emosi anak, sentuhan orang tua merupakan dasar perkembangan komunikasi yang akan memupuk timpal balik cinta kasih dan menjadi penentu bagi anak untuk menjadi anak yang berbudi pekerti dan percaya diri. Lagi pula ia akan merasa yakin memiliki kasih sayang dan perlindungan dari orang tua.

Seorang anak yang dipijat oleh orang tuanya mempunyai kadar kecemasan dan hormon stres yang rendah. Pijatan juga diketahui dapat memperbaiki kualitas tidur bayi debgan cara menenangkan sistem saraf.


Pijat memiliki efek pada sistem limbik di otak, dimana tersimpan emosi-emosi positif. Sentuhan yang rutin dilakukan itu akan menguatkan perasaan positif pada bayi atau anak. Ini memberikan rasa aman bagi bayi atau anak sehingga ia akan memiliki daya hidup yang lebih baik.

Enam Manfaat Pijatan pada Bayi:

1. Pernyataan kasih sayang.

Bayi akan merasakan kasih sayang dan kelembutan dari orang tua saat dipijat. Kasih sayang merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Sentuhan hangat dari orang tua bisa membuat bayi merasakan pernyataan kasih sayang dari orang tuanya.

2. Menguatkan otot.
Pijatan terhadap bayi sangat bagus untuk menguatkan otot bayi.

3. Membuat bayi lebih sehat.

4. Membantu pertumbuhan.

Menurut penelitian, pertumbuhan bayi seperti berat badan, akan lebih baik dengan memijat bayi.

5. Meningkatkan kesanggupan belajar.

Dengan merangsangindra peraba, indra penglihatan dan indra pendebgaran si bayi, akan meningkatkan daya ingat dan kesanggupan belajar sang bayi.

6. Membuat bayi tenang.

Dengan memijat bayi, sama seperti orang dewasa, akan membuat bayi merasa rileks. Hal ini dapat membuat ia bisa tidur lelap lebih lama dan akan lebih tenang.

Related Posts:

0 Response to "Enam Manfaat Pijatan pada Bayi"

Posting Komentar

Label