6 Penyebab Anak Suka Mengarang Cerita

Semua sudah mengetahui, namun kebanyak orang tua tak menyadarinya bahwa sebenarnya salah satu nilai penting yang harus ditanamkan pada anak sejak usia dini adalah mengenai hal salah atau benar untuk dikerjakan.

Hal ini akan dapat membantu melatih anak-anak dalam hal aspek emosional yang dimilikinya. Kejujuran menjadi sesuatu yang palinmg sering diutamakan orangtua kepada anak-anaknya.

Di sisi lain, ada nilai yang juga ingin ditanamkan yaitu agar mereka berkembang menjadi anak yang kreatif dan imajinatif.

Kalau tidak ditanamkan kejujuran sejak dini, bisa-bisa anak menjadi pembuat berita bohong atau mengarang cerita agar bisa aman dan tidak dimarahi oleh orantuanya.


Tentu hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh orangtua. Berbohong hanya akan menambah masalah sekarang dan di kemudian hari saja. Cepat tanggap dan membenarkan sikap sangatlah diperlukan sebagai orang tua.

Penyebab


Nah, sekarang apa yang menyebabkan anak mengarang cerita? Perlu diketahui bahwa anak yang suka mengarang cerita sejak kecil, belum tentu nanti besarnya juga menjadi pembohong.

Berikut penyebab anak suka mengarang cerita.





1. Untuk menutupi sesuatu agar terhindar dari masalah, hukuman atau konsekuensi tertentu.

2. Untuk melihat reaksi atau respon orang tua jika anak tidak jujur.

3. Untuk mengembangkan cerita agar lebih menarik.

4. Agar anak terlihat lebih keren.

Hal ini terkait dengan keinginannya untuk membentuk konsep diri dengan menciptakan cerita yang sesuai dengan keinginannya sendiri maupun sesuai harapan orangtua.

5. Untuk mencari perhatian.

Terutama karena mereka selalu mendapatkan perhatian lebih ketika berbohong atau mengarang cerita.

6. Agar mendapatkan apa yang diinginkan.

Lazada Indonesia

Misalnya saja jika dijanjikan mendapatkan hadiah tertentu setelah mengerjakan tugas/tanggungjawabnya, maka mereka akan mengaku sudah melakukannya meskipun sebenarnya belum.

Related Posts:

0 Response to "6 Penyebab Anak Suka Mengarang Cerita"

Posting Komentar

Label