Manfaat Lagu Pengantar Tidur Anak

Sudah menjadi tradisi atau apa, apabila buah hati akan tidur atau tidak bisa tidur, sang orang tua selalu menyanyikan lagu-lagu pengantar tidur dan yang terkenal di Indonesia adalah "Nina Bobo".

Atau orang tua bisa juga memutarkan iringan musik klasik yang menenangkan.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University di Utah yang menyatakan bahwa memperdengarkan musik sebelum bayi tidur ternyata dapa membuat memorinya semakin bagus.


Bayi akan dapat lebih mudah mengingat pengalaman posistif dibandingkan dengan pengalaman negatifnya. Bayi yang lebih banyak mendengarkan lagu atau musik pengantar tidur memiliki peluang besar untuk mengingat sesuatu jika ada emosi positif yang menyertainya.

Pada saat menjelang tidur, bayi akan merespon apa saja yang ada di sekitarnya. Apapun yang ia dengar, yang ia rasa atau bahkan yang ia lihat sangat mempengaruhi kondisi bayi.

Terlebih lagi jika dinyanyikan atau diputarkan secara intens setiap kali menjelang tidur.

Inilah sebabnya kenapa banyak pakar psikologi yang menganjurkan untuk memberikan lagu atau dongeng menjelang tidur. Selain itu, kedekatan orang tua dengan bayi sangatlah mutlak mereka butuhkan.





Pengaruhi Kecerdasan Bayi


Di tengah-tengah kesibukan orang tua, sempatkanlah menyanyikan lagu atau sekedar memutarkan musik sambil memberikan sentuhan-sentuhan kecil seperti dibelai dengan lembut. Hal itu telah terbukti ampuh mampu membuat tidur bayi Anda jauh lebih nyenyak dan berkualitas.

Selain itu, secara sensor motorik, bayi yang mendengar lagu pengantar tidur akan mengalami perkembangan yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkannya.

Karena kecerdasan otak juga sangat dipicu dengan mendengarkan lagu atau musik sehingga dapat membantu tumbuh kembang panca indra bayi lebih baik. Bayi memang secara signifikan memiliki tumbuh kembang yang lebih baik dari orang dewasa.

Manfaat Psikologis


Sementara itu manfaat psikologisnya, lagu pengantar tidur menjadikan bayi ketika dewasa kelak lebih dapat menerima keberadaan orang lain di sekitarnya.

Respon sosial mereka jauh lebih baik berkembang daripada mereka yang tidak mendapatkan lagu pengantar tidur waktu kecilnya.

Mereka yang tidak mendapatkan lagu pengantar tidur, akan cenderung mudah marah atau menangis ketika bersama dengan orang lain. Dari itulah, sebaiknya bayi Anda diberikan lagu pengantar tidur sebelum mereka tidur.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Lagu Pengantar Tidur Anak"

Posting Komentar

Label