Manfaat Permainan Puzzle untuk Anak

Mungkin saja diantara anak-anak kita ada yang sangat suka dengan mainan yang bernama puzzle. Hampir sepanjang waktu, buah hati kita akan lebih memilih bermain puzzle daripada mainan yang lain. Mereka akan tenang dan tampak berkonsentrasi mengutak-atik puzzle yang sedang dimainkannya.


Perlu kita ketahui, senang bermain puzzle merupakan suatu kebiasaan yang dimiliki oleh anak dengan kecerdasan visual spasial tinggi. Karena permainan puzzle ini merupakan salah satu permainan yang dapat merangsang kemampuan visual dan spasial anak.

Di antara berbagai macam mainan untuk anak, puzzle merupakan salah satu mainan yang sangat disarankan karena banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh anak.

4 Manfaat Permainan Puzzle

1. Meningkatkan kemampuan visual spasial anak.

Dengan menyusun puzzle, anak akan belajar tentang bentuk, garis, warna dan sebagainya. Mereka akan merangkai potongan-potongan gambar pada puzzle agar bisa membentuk gambar yang tepat.

Selain itu, ketika memasangkan potongan-potongan puzzle, kemampuan spasial anak juga akan terasah. KJarena mereka akan memilih potongan puzzle yang bisa diletakkan pada papan puzzle dengan pas.

2. Meningkatkan keterampilan motorik halus. 

Keterampilan motorik halus merupakan kemampuan yang berhubungan dengan otot-otot kecil anak, terutama tangan dan jari-jari tangan. Melalui aktivitas puzzle, tanpa disadari anak akan belajar secara aktif untuk menggunakan jari-jari tangannya untuk menyususn gambar yang tepat.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan untuk belajar memecahkan masalah. Melalui permainan puzzle, akan akan mencoba memecahkan masalah yaitu dengan menyusun gambar yang tepat.

4. Meningkatkan kemampuan soial.

Puzzle merupakan permainan yang bisa dimainkan secara individu maupun kelompok. Ketika dimainkan dalam kelompok, hal ini bisa meningkatkan interaksi antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.


Dalam melakukan permainan, anak akan berlatih untuk saling menghargai, memberi kesempatan kepada temannya, saling berdiskusi dan saling bantu satu sama lain.

Agar buah hati bisa bermain puzzle dengan efektif seperti yang diharapkan, maka dibutuhkan pula puzzle yang tepat dan sesuai perkembangan anak.

Oleh sebab itu, sebaiknya kita memastikan bahwa puzzle yang kita pilih sesuai dengan usia buah hati kita. Karena kalau memilih puzzle yang sulit dipecahkan, dikhawatirkan anak akan merasa kesulitan dan menyerah sebelum berhasil menyusun gambar dengan tepat.

Sebaliknya, bila puzzle yang dimainkan terlalu mudah, buah hati kita pun akan merasa tidak tertantang dan menjadi bosan.

Selain itu, sebaiknya kita juga memilih puzzle dengan bahan yang tebal. Hal ini dimaksudkan agar puzzle dengan mudah disusn dan tidak mudah sobek.

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Permainan Puzzle untuk Anak"

Posting Komentar

Label