Cara Membatasi Anak Suka Jajan di Luar

Banyaknya variatif makanan membuat anak lebih suka memilih jajan di luar daripada yang telah dihidangkan di rumah. Selain memberi pengertian bahwa tidak semua jajanan di luar tak sehat, orang tua juga harus memberi contoh dengan tidak suka membeli jajanan di luar rumah.


Langkah pertama untuk memnbatasi anak agar tidak jajan di luar adalah dengan memberikan contoh. Dengan pemberian contoh dari orang tua, anak akan bisa melihat dan mengartikan sendiri contoh dari orang tuanya tersebut.
Di sinilah peran orang tua sangat penting, dimana orang tua harus bisa komitmen dan memberikan contoh agar tidak membeli makanan di luar, karena apapun yang dilihat anak, maka mereka akan meniru. Orang tua yang baik tidak akan jajan sembarangan di luar meskipun anaknya tidak melihat.

Coba bayangkan, bagaimana kalau orang tua memberikan perintah terhadap anak, akan tetapi orang tua tidak melakukan sendiri apa yang diperintahkan. Hal ini akan menyebabkan power yang disampaikan terhadap anak kita tidak akan kuat sama sekali.

Memberikan Nasehat

Terkadang anak selalu menepis tentang bahaya jajan di luar, karena mereka belum merasakan dampak buruknya. Akan tetapi, kembali lagi kepada orang tua untuk tidak bosa menasehati anaknya. Makanan yang sudah dibungkus dari pabrik pun juga berbahaya karena mengandung bahan-bahan kimia dan ini bisa menimbulkan dampak buruk di akhir.


Orang tua sangat disarankan untuk memberi peringatan kepada anak tetapi bukan dalam artian menakuti. Anak akan berimajinasi pada saat orang tua menceritakan tentang dampak-dampak buruk jajan di luar. Mereka akan merasa menjadi takut dan belajar untuk tidak jajan di luar.

Membawakan Bekal

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan bekal makanan kepada anak. Orang tua wajib update makanan apa saja yang digemari oleh anak-anak saat itu. Warna dan bentuk makanan yang unik akan menimbulkan dampak bahagia terhadap anak, akan tetapi pemilihan bahan makanan pun harus hati-hati.

Sebisa mungkin orang tua membuat makanan sendiri karena terjamin higienisnya dan mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya buat anak. Orang tua harus mengetahui makanan apa saja yang disukai anak, sesuai bentuk, rasa dan warna yang menarik bagi anak-anak.


Akan tetapi, timbul satu problem bahwa ada beberapa anak yang menyukai sensasi membeli. Jika hal ini terjadi, maka orang tua dianjurkan untuk memberitahukan di tempat mana saja makanan yang baik untuk dimakan. Sekali lagi, orang tua harus mengetahui apa saja yang dibeli, dan dimana anak membeli makanan.

Serta jangan lupa bahwa orang tua berhak memberikan batasan uang saku untuk anaknya. Hal ini cukup membantu agar anak belajar hemat dan tidak banyak jajan di luar. Membatasi jajan di luar untuk anak di bawah usia 10 tahun memang sulit dan tidak bisa dihilangkan. Akan tetapi, cara ini cukup efektif untuk mengurangi si anak jajan di luar.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membatasi Anak Suka Jajan di Luar"

Posting Komentar

Label