Tanda Bayi Mulai Mandiri Secara Sosial-Emosi

masing-masing bayi memiliki fase yang variatif tergantung gizi, pola asuh dan psikologis bayi itu sendiri. Pada umumnya memasuki  usia lima bulan, tumbuh kembang si kecil tampak pesat. 



Dia semakin paham kegunaan tangan dan kakinya. Minatnya pada hal-hal lain di luar dirinya, sejalan dengan minatnya pada dirinya sendiri. Rasa ingin tahunya mulai tumbuh. Kemampuan melihatnya yang sudah berfungsi dengan baik otomatis meningkatkan minatnya terhadap hal-hal yang ada disekitarnya. 

Sesungguhnya Tanda bayi mulai mandiri meliputi beberapa hal diantaranya adalah lewat sosial-emosi Bayi dengan tanda-tanda berikut :
  • Tak hanya menangis, bayi mulai memunculkan berbagai suara spontan sebagai ekspresi rasa senang atau tidak senang.
  • Dapat memberi tanggapan dengan mengoceh atau tersenyum pada orang dewasa yang mengajaknya bercanda seolah-olah ingin bicara.
  • Mengulurkan tangan minta digendong Bunda atau orang lain yang sudah dikenalnya.
  • Jika ada bayi lain, biasanya ia memberikan respons untuk menarik perhatian. Seperti menjejak-jejakkan kaki, tertawa, main ludah atau melambungkan badannya ke atas-ke bawah.

  • Bisa membedakan wajah-wajah yang tersenyum, suara-suara ramah maupun yang menunjukkan amarah. Itulah kenapa kadang wajah yang kurang ramah juga kurang disukai bayi karena dioanggap tidak bersahabat.
  • Dapat menikmati permainan, baik bermain sendiri dengan benda  atau bermain sosial semisal bermain cermin. Ia akan tersenyum ketika melihat bayangannya di cermin. Bahkan melihat hewan semacam kucing, cicak, bayi juga merasa senang dan bersorak tepuk tangan atau melambai.

Related Posts:

0 Response to "Tanda Bayi Mulai Mandiri Secara Sosial-Emosi"

Posting Komentar

Label