Agar Hadiah Dikenang Anak Hingga Dewasa

Memberi hadiah tidak harus mahal, tapi memberikan ruh pada hadiah itulah yang terpenting seharusnya. Memberi hadiah tentu baik dan sehat buat hubungan orang tua-anak. tetapi sebuah hadiah juga harus memperhitungkan aspek lainnya agar tidak menjadikan anak manja. Kekhawatiran bahwa pemberian hadiah dapat menjadikan anak manja masuk akal, bila hadiah diberikan terlalu banyak atau terlalu mewah atau bersifat manipulatif.


Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar Hadiah kita dikenang Anak hingga dewasa:

Penuh Ketulusan Hati 
Anak-anak sangat peka perasaannya. Kalau hubungan orang tua-anak bersifat manipulatif, maka kemungkinan hadiah menjadikan anak manja akan semakin besar. Jadi, pemberian hadiah haruslah dijauhkan dari hubungan manipulatif orang tua-anak ini, sehingga betul-betul menjadi pemberian yang bermakna dan berkesan.
Disamping itu sering sekali orang tua sembrono, saat Anak melakukan kesalahan, secara tidak sadar orang tua suka mengungkit-ungkit hadiah yang sudah diberikan. Hal ini membuat Anak tidak nyaman bahkan bisa jadi akan membuang hadiah Anda.

Penuh Suka Cita
Hadiah tidak selalu berupa barang, suasana yang ceria dalam memberikan hadiah, memberi kesan tersendiri bagi Anak. Misalnya Anak-anak suka memasak dengan orangtuanya. Menghabiskan waktu bersama sambil memasak kue atau makanan kegemarannya pasti akan menjadi hal yang menyenangkan.
Banyak sekali Anak-anak yang sudah dewasa bercerita bagaimana atau kapan mereka pertama kali diajari masak kue, umur berapa sudah bisa masak kue dan itu ada rasa kebanggaan tersendiri.   

Penuh Kejutan Yang Menyenangkan
Hadiah itu tidak perlu yang mahal, asal dikemas dan dirancang dengan hati-hati. Juga gunakan aktivitas sebagai salah satu bentuk hadiah bagi anak. Dalam hal ini misalnya berekreasi bersama ke pantai atau gunung atau jalan-jalan, dan sebagainya.


Penuh Manfaat Bagi Anak
Setiap orang tua pasti pernah menghadiahkan anaknya mainan terutama di hari-hari khusus. Akibatnya, rumah penuh dengan mainan yang berserakan. Sesungguhnya banyak hadiah selain mainan yang banyak bermanfaat di masa depan anak, diantaranya : 
  • Les musik, tari, berkuda, renang, atau menggambar adalah cara yang baik untuk mendorong anak-anak pada minatnya. Biarkan mereka tahu bahwa Anda memperhatikan mereka dan apa yang mereka nikmati. 
  • Ajak Anak ke sebuah lembaga amal, ini adalah hadiah terbaik dari keluarga. Banyak keluarga muda yang ingin menikmati liburan di alam terbuka sekaligus memberikan tantangan untuk mereka.
  • Pakaian atau Mantel, Jaket bahkan hal kecil sekedar sleyer bisa dikenang Anak hingga dewasa asal tidak terlalu sering.
Penuh Harapan dan Doa
Hadiah paling indah adalah dimana hadiah tersebut diberikan dengan sebuah doa dan harapan dari orang tua. Anak akan sangat terkesan bahkan ingin menjaga barang tersebut hingga dewasa karena ada ruh yakni doa dari orang tua yang takkan tergantikan nilainya.

Related Posts:

0 Response to "Agar Hadiah Dikenang Anak Hingga Dewasa"

Posting Komentar

Label